Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Ingin Bangun ART dan Sky Train di Bandung, Optimis Disambut Investor

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan pembangunan Autonomous Rail Transit (ART) dan Sky Train di Bandung.
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Dirut PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Dirut PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo

Bisnis.com, BANDUNG - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan pembangunan Autonomous Rail Transit (ART) dan Sky Train di Bandung.

Hal tersebut ia sampaikan dalam ASEAN Railways CEOs' Conference, di Kota Bandung, Selasa (3/9/2024). Menurutnya, hingga saat ini rencana pembangunan dua moda transportasi kereta tersebut masih tahap perencanaan dan juga study.

"Kita ingin membuat Bandung ada beberapa pemikiran. Satu membuat menggunakan electric, memikirkan bagaimana ART bisa beroperasi di ini. Bandung juga kita akan buat Sky Train sedang distudi," ungkap Budi.

Ia pun mengajak investor untuk berinvestasi dalam pembangunan moda transportasi yang akan menghubungkan wilayah Bandung dari timur ke barat dan selatan ke utara ini.

"Saya mengajak swasta Bandung untuk berinvestasi," ungkap dia.

Ia menilai, Bandung ini merupakan daerah yang memiliki potensi keindahan alam yang besar. Sehingga hal ini bisa menjadi peluang investasi yang potensial bahwa dengan moda transportasi ART dan Sky Train, keindahan alam tersebut akan terekspos dengan baik.

"Bandung indah sekali, tapi akan lebih indah kalua ada ART dan Sky Train," ungkapnya.

ART sendiri kata Budi menjadi hal yang dibutuhkan oleh kota-kota besar di Indonesia setelah diterapkan di IKN.

"ART itu diminati oleh banyak kota-kota di Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo mengatakan ASEAN Railways Conference merupakan agenda yang rutin diikuti dalam dua tahun terakhir di Filipina.

Di tahun ini, Indonesia berkesempatan untuk menjadi tuan rumah yang bertepatan dengan peresmian dua kereta api nasional. Yakni, Keret Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh dan LRT Jabodebek yang beroperasi dari Dukuh Atas ke Cawang Bekasi Timur dan ke arah Cibubur.

"Arti pentinh kita di antara operator kereta api ini saling sharing pengalaman kita di dalam membangun transportasi kereta api, kereta api Indonesia ini jadi barometer Utama di negara ASEAN ini," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan, pihaknya mendukung peningkatan kualitas perkeretaapian di tanah air. 

"InshaAllah bulan November informasinya, akan ada elektrifikasi persinyalan bertahap ya, mudah-mudahan akan menjadi awal peningkatan kualitas dari Commuter Line di Bandung," ungkapnya. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper