Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Sumedang Bakal Paparkan Penanganan Stunting hingga Kemiskinan di Forum ASEAN

Kabupaten Sumedang akan memapatkan strategi jitu penanganan stunting, kemiskinan ekstrem dan program pembangunan lainnya dalam forum ASEAN di Laos.
Penjabat (Pj) Sekda Tuti Ruswati (kiri)
Penjabat (Pj) Sekda Tuti Ruswati (kiri)

Bisnis.com, BANDUNG — Kabupaten Sumedang akan memapatkan strategi jitu penanganan stunting, kemiskinan ekstrem dan program pembangunan lainnya dalam forum ASEAN di Laos.

Hal tersebut terungkap saat Penjabat (Pj) Sekda Tuti Ruswati, bersama salah satu ahli dari ASEAN Smart City Networking (ASCN) Erikeu beserta jajaran melakukan persipan mengenao hal tersebut sekaligus Kabupaten Sumedang sebagai anggota ASEAN Smart City Networking.

Dalam diskusi yang digelar di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Desa Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Pemkab Kabupaten Sumedang berencana memaparkan best practice terkait dengan keberhasilan penanganan stunting, kemiskinan, dan berbagai program pembangunan lainnya yang akan di selenggarakan di Laos dalam forum tingkat ASEAN. 

“Ini merupakan langkah strategis untuk berbagi pengalaman dan mendukung upaya peningkatan kualitas pembangunan di kawasan ASEAN,” kata Pj Sekda Tuti, Jumat (5/7/2024).

Selain itu, Kabupaten Sumedang juga memiliki rencana untuk mengakselerasi kawasan perkotaan Jatinangor menjadi kawasan Smart City Jatinangor Digital Knowledge. 

"Diharapkan kawasan ini dapat menjadi contoh nyata dari konsep Smart City Jatinangor Digital Knowledge yang mampu melahirkan inovasi-inovasi di bidang teknologi dan pengetahuan digital," ungkapnya.

Sementara itu, ahli dari ASCN Erikeu mengatakan, pihaknya akan turut membantu  Sumedang dalam menyusun proposal pendanaan kepada anggota-anggota ASCN.  

"Ini adalah salah satu contoh, bagaimana Kabupaten Sumedang membuka pintu seluas-luasnya untuk kolaborasi dengan semua stakeholder baik itu dari investor dalam dan luar negeri, private sektor dan akademisi," kata Erikeu.

Ia berharap melalui kerja sama ini, kawasan Jatinangor dapat terwujud sebagai City of Digital Knowledge yang menjadi keunggulan Sumedang dan menjadi prototype yang nantinya akan direplikasi di kota/kabupaten lainnya di Indonesia maupun di tingkat ASEAN. 

"Melalui kerja sama yang terjalin, Sumedang dapat menjadi contoh nyata bagi kota/kabupaten lain di Indonesia serta di ASEAN dalam mengimplementasikan konsep Smart City dan pengembangan kawasan berbasis digital," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper