Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bey Pastikan Bakal Coret Peserta PPDB 2024 yang Lolos Pakai Cara Curang

Bey sudah menugaskan Plh Kadisdik Jabar Ade Afriandi untuk tetap memastikan bahwa siswa yang lulus sudah sesuai aturan dan verifikasi.
Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin
Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin

Bisnis.com, BANDUNG--Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin memastikan siswa atau peserta yang lolos di PPDB 2024 akan dianulir jika ditemukan melakukan pelanggaran persyaratan.

Bey mengatakan meski seleksi PPDB 2024 tahap I sudah diumumkan pihaknya menugaskan pada Plh Kadisdik Jabar Ade Afriandi untuk tetap memastikan bahwa siswa yang lulus sudah sesuai aturan dan verifikasi.

"PPDB walaupun sudah diumumkan, saya masih minta ke Plh Disdik untuk yang melanggar aturan dianulir. Kemarin pengumuman, ada SMA yang diulang pleno karena diteliti jadi diulang, ternyata ada [peserta] yang masih [melanggar]," katanya di Gedung Sate, Bandung, Jumat (21/6/2024).

Menurutnya proses pemeriksaan persyaratan akan terus dilakukan, dan pihaknya memiliki kewenangan untuk menganulir setiap pelanggaran yang ditemukan.

"Kami ingin proses ini transparan, dan tidak mengakali sesederhana itu," ujarnya.

Upaya untuk memantau dan memverifikasi calon siswa di PPDB 2024 ini menurutnya berlangsung transparan karena sejumlah Lembaga diikutsertakan untuk memantau dan terlibat alam proses verifikasi.

"Ombudsman ikut ngawasin, di internal ada BKPP, ada inspektur, jadi percaya, kami akan berikan yang terbaik karena itu semua di cek," ujarnya.

Karena proses seleksi dan verifikasi berlangsung ketat dan detil, ini menurutnya mengakibatkan pengumuman PPDB 2024 tahap I dilakukan hingga malam hari. 

"Karena verifikasi terus dilakukan, sebetulnya di pengumuman tidak ada jamnya, yang penting masih tanggal itu. Memang ada rencana, tapi dinamika di lapangan masih ada verifikasi. Verifikasi cukup membutuhkan waktu," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper