Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabar Gelar Sales Mission di Jawa Timur, 12 Provinsi Jadi Buyer

Sejauh ini Jawa Barat dan Jawa Timur masih termasuk dalam wilayah unggulan wisata di Indonesia.
West Java Sales Mission di Kota Surabaya, 22-23 Mei 2024.
West Java Sales Mission di Kota Surabaya, 22-23 Mei 2024.

Bisnis.com, BANDUNG--Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur menggelar West Java Sales Mission di Kota Surabaya, 22-23 Mei 2024.

Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar mengatakan kegiatan tersebut ditujukan untuk mempromosikan potensi pariwisata dengan memperkenalkan destinasi unggulan Jawa Barat, yang dikombinasikan melalui penawaran paket wisata yang lengkap kepada masyarakat.

"Pemilihan Provinsi Jawa Timur sebagai lokasi pelaksanaan West Java Sales Mission bukan tanpa alasan. Sejauh ini Jawa Barat dan Jawa Timur masih termasuk dalam wilayah unggulan wisata di Indonesia," katanya dikutip Jumat (24/5/2024).

Oleh karena itu perlu memperkuat kolaborasi demi mengangkat potensi wisata, budaya, maupun ekonomi kreatif di kedua provinsi.

Gelaran West Java Sales Mission 2024 yang selenggarakan di Kota Surabaya dihadiri 30 Seller yang terdiri dari Perusahaan Industri Pariwisata dan Asosiasi Pariwisata. 

Dalam kesempatan itu, lebih dari 12 Provinsi juga turut hadir sebagai buyer. Total estimasi minat transaksi yang terdata dalam acara tersebut bahkan mencapai angka 15 Miliar Rupiah.

“Acara ini tidak hanya menjadi momentum untuk mempererat tali persaudaraan antar wilayah, tetapi juga sebagai platform yang berharga bagi kami dalam memperkenalkan kekayaan budaya dan potensi pariwisata yang dimiliki oleh Jawa Barat kepada para pemangku kepentingan di Jawa Timur,” kata Benny.

Dengan adanya kegiatan ini, pihaknya berharap kedepannya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat menjalin hubungan yang sinergis dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai upaya meningkatkan promosi pariwisata, mengembangkan produk wisata yang inovatif, serta memperluas aksesibilitas bagi para wisatawan.

"Serta tentunya dapat menciptakan kesadaran masyarakat bahwa Jawa Barat memiliki destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi,” tambahnya.

Hadirnya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Ketajati di Kabupaten Majalengka, juga memudahkan akses wisatawan untuk mengunjungi Jawa Barat. 

Selain itu juga terdapat Tol Trans Jawa yang memungkinkan wisatawan dari Surabaya menuju Jawa Barat dalam waktu tempuh sekitar 7 sampai 8 jam saja.

“Melanjutkan kesuksesan pelaksanaan Bursa Pariwisata tahun 2023, Provinsi Jawa Timur akan kembali menyelenggarakan Bursa Pariwisata 2024 yang pada kali ini bekerja sama dengan Jawa Barat. Dengan harapan, kegiatan ini akan menjadi brand nasional dalam event travel fair B2C dan B2B dalam medapatkan harga penawaran yang menarik,” ucap Kadisbudpar Jawa Timur Evy Afianasari.

Acara West Java Sales Mission turut dihadiri Ketua Tim Kerja Misi Penjualan Kemenparekraf RI Bulqis Chairina. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh para seller dan buyer dari pelaku industri pariwisata maupun asosiasi pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper