Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lapangan Kerja di Garut Terbatas

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Garut mengakui ketersediaan lapangan pekerjaan di Kabupaten Garut sangat terbatas.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, GARUT - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Garut mengakui ketersediaan lapangan pekerjaan di Kabupaten Garut sangat terbatas. 

Kepala Disnakertrans Garut Muksin mengatakan jumlah lapangan pekerjaan di Kabupaten Garut sangat terbatas lantaran angka disparitas sebesar 2,3% antara lapangan kerja dengan angkatan kerja.

Setiap tahunnya, lanjut Muksin, lebih dari 60.000 penduduk Garut lulus dari sekolah tingkat menengah atas. Dari jumlah tersebut, hanya sebagian yang terserap tenaga kerja.

"7,3% warga Garut itu menganggur," kata Muksin, Rabu (23/4/2024).

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Garut melakukan berbagai upaya untuk melakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM), salah satunya melalui balai latihan kerja (BLK).

Selain itu, pemerintah daerah pun melakukan kerja sama dengan lembaga pelatihan kerja swasta kredibel.

Badan Pusat Stastistik (BPS) mencatat sebanyak 102.010 warga Kabupaten Garut merupakan pengangguran terbuka. Kesempatan kerja di wilayah tersebut diklaim rendah.

Dalam catatan BPS berjudul Kabupaten Garut dalam angka, laki-laki mendominasi jumlah angka pengangguran terbuka di Kabupaten Garut sebanyak 73.275 orang. Sementara, pengangguran perempuan hanya 28.735 orang.

Berdasarkan strata pendidikan, lulusan sekolah dasarmenjadi penyumbang pengangguran terbuka paling banyak sebesar 27.783 orang. Paling rendah ditempat oleh lulusan diploma dengan jumlah 2.104 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper