Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua Satgas Sampah Bandung Raya Siapkan Antisipasi Penanganan Sampah Lebaran 2024

Satgas Pengelolaan Sampah Terpadu Bandung Raya menyiapkan sejumlah persiapan menghadapi besarnya produksi sampah di hari raya Idulfitri
Ketua Satgas Sampah Bandung Raya Siapkan Antisipasi Penanganan Sampah Lebaran 2024. Ilustrasi sampah dari kemasan plastik/ Freepik
Ketua Satgas Sampah Bandung Raya Siapkan Antisipasi Penanganan Sampah Lebaran 2024. Ilustrasi sampah dari kemasan plastik/ Freepik

Bisnis.com, BANDUNG - Satgas Pengelolaan Sampah Terpadu Bandung Raya menyiapkan sejumlah persiapan menghadapi besarnya produksi sampah di hari raya Idulfitri

Ketua Satgas Pengelolaan Sampah Terpadu Bandung Raya, Dedi Taufik menjelaskan bahwa pada H-2 hingga H-1 lebaran, operasional pembuangan sampah di TPK Sarimukti dibuka selama 24 jam.

Kemudian, ada saat hari H Idulfitri, operasional layanan persampahan di TPK Sarimukti tutup sementara. Maka dari itu, ia mengimbau pemerintah daerah yang memanfaatkan Sarimukti untuk membuang sampah bisa mengelola sampah dari hulu.

“Waktu pelayanan pada dua hari sebelum lebaran, pembuangan ke TPK Sarimukti dari pukul 05.00 WIB, 24 jam operasionalnya,” kata Dedi Taufik, Senin (8/4/2024).I

Dia mengigatkan bahwa kuota sampah masih berlaku. Setiap kabupaten kota yang memanfaatkan TPK Sarimukti memiliki jumlah yang berbeda-beda.

Berdasarkan data sampah yang masuk per 4 April 2024 sisa kuota sampah Kota Bandung 5.425 rit, Kota Cimahi 1.751 rit, Kab. Bandung 991 rit, dan Kab. Bandung Barat 881 rit.

Selepas hari H Idulfitri pada tanggal 10 April, pada tanggal berikutnya, hingga tanggal 17 April, pihak Satgas sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten kota untuk mengatur ritase. Untuk Kota Bandung misalnya, dari tanggal 11 hingga 17 April, ritasenya mencapai 185  perhari dengan tonase di angka 777 per hari.

“Nanti ratusan pengangkut sampah ditempatkan di titik keramaian saat malam takbir, pada hari H lebaran fokus di tempat shalat ied dan tempat ziarah. Berikutnya difokuskan di tempat keramaian seperti tempat wisata hingga pasar,” jelas dia.

Dedi mengingatkan Satgas dibentuk mengingatk kapasitas TPA Sementara Sarimukti kondisinya sudah mencapai 700 persen, melebihi daya tampung.

Sementara Tempat Pembuangan Akhir Legok Nangka baru akan beroperasi pada 2028.Penanganan timbulan sampah di Bandung Raya diperlukan penanganan secara terpadu, yang melibatkan para pemangku kepentingan. Satgas sudah melakukan sejumlah langkah secara masif untuk mengurangi dan menangani sampah.

Di antaranya, optimalisasi pengelolaan sampah organik rumah tangga dan gerakan Eco Office Pilah dan Olah Sampah oleh Perkantoran Pemerintah serta swasta.

Selain itu dilakukan juga beberapa upaya seperti pemanfaatan hasil pengelolaan pasar dengan program Nabung Sampah, Kerja sama dengan Waste Of Change, edukasi dan pemberdayaan masyarakat, pengembangan data informasi dan kehumasan, perencanaan dan kerja sama dengan CSR perusahaan.

Dukungan terhadap kinerja Satgas Pengelolaan Sampah Terpadu Bandung Raya datang dari Kodam III/Siliwangi, Polda Jawa Barat, Badan Intelijen Daerah Jawa Barat dan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper