Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ratusan Gen Z di Bandung Diberi Literasi Perkuat Penerapan Etika Digital

Ratusan siswa SMK di Kota Bandung diberikan literasi digital agar mampu memiliki etika digital yang akan berdampak positif terhadap ekosistem digital.
Program literasi digital bagi siswa
Program literasi digital bagi siswa

Bisnis.com, BANDUNG — Ratusan siswa SMK di Kota Bandung diberikan literasi digital agar mampu memiliki etika digital yang akan berdampak positif terhadap ekosistem digital di tanah air.

Hal ini juga dilakukan sebagai kunci untuk terhindar dari dampak negatif saat menjalani komunikasi si dunia maya.

Para generasi Z tersebut dilatih di Kampus SMK Telkom Bandung, Jln. Radio Palasari Kabupaten Bandung, belum lama ini. 

Pelatihan merupakan hasil kerja sama PT TELKOM unit CDC dengan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yang diikuti 450 siswa kelas X dan XI SMK Telkom Bandung.

Narasumber pelatihan, Periyadi, dosen Universitas Telkom, mengatakan, banyak kerugian yang akan didapat seandainya pelaku komunikasi digital atau dunia maya tidak mengindahkan etika digital.  

"Secara nyata jika tidak mengindahkan Network Etiquette [Netiket] akan merugikan penggunanya dengan mendatangkan sanksi sosial dan sanksi hukum," katanya, saat dikutip Bisnis, Selasa (26/3/2024).

Menurutnya, ada empat pilar yang harus dipelajari sebelum berkomunikasi di ruang digital, yaitu digital skill, digital safety, digital culture, dan digital ethics.

Hingga saat ini, kasus kejahatan digital atau kerugian dampak negatif komunikasi digital di Indonesia masih sangat tinggi. Semua itu dilatarbelakangi rendahnya literasi digital di Indonesia yang tercatat hanya 62% atau terendah dari negara ASEAN yang rata-rata sudah 70%.

Oleh karena itu, netizen wajib mengetahui dan memahami apa itu netiket, atau lebih dikenal etika digital. Netiket adalah norma, nilai, dan prinsip yang mengatur perilaku dan interaksi kita dalam dunia digital. Ini melibatkan cara kita menggunakan  teknologi, berkomunikasi online, dan berinteraksi dengan orang lain dalam lingkungan digital. 

Jika netiket tidak dipahami, maka bisa mencuatka ujaran kebencian, pencemaran nama baik, atau provokasi yang mengarah segregasi sosial (perpecahan/polarisasi) di ruang digital.

"Ada tips solusi mengatasinya. Ini dimulai dari edukasi netiket, kode etik, menjaga keamanan dan privasi, melaporkan pelanggaran netiket ke pihak berwenang, tanggungjawab individu, membangun hubungan baik dengan orang lain di dunia digital, serta pengawasan orang tua dan pembimbing," bebernya. 

Tak kalah penting adalah kesadaran setiap individu dalam berkomunikasi digital, seperti tidak menyebar berita palsu, menghormati privasi, tidak menggunakan bahasa kasar atau menghina orang lain, tidak membajak konten atau hak cipta orang lain, tidak menggunakan identitas palsu atau mengambil identitas orang lain, dan banyak hal lainnya yang berkaitan dengan etika.

"Dengan menjaga etika dalam komunikasi digital maka kita tengah membangun komunikasi sehat di dunia maya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper