Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Cirebon Siapkan Rp3,9 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran

Jumlah uang tunai yang disediakan oleh Bank Indonesia untuk masyarakat Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) tahun ini meningkat.
Tampilan uang baru pecahan Rp1.000, Rp2.000, dan Rp5.000. /Bisnis-Muhammad Khadafi
Tampilan uang baru pecahan Rp1.000, Rp2.000, dan Rp5.000. /Bisnis-Muhammad Khadafi

Bisnis.com, CIREBON — Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Cirebon menyiapkan uang tunai Rp3,9 triliun untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat selama Ramadan dan Lebaran 2024.

Kepala KPw Bank Indonesia Cirebon, Anton Pitono menyebutkan, jumlah uang tunai yang disediakan oleh Bank Indonesia untuk masyarakat Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu.

Tahun lalu, pecahan uang tunai yang disiapkan oleh Bank Indonesia sebesar Rp3,74 triliun. “Dari jumlah tersebut, sebanyak Rp3,3 triliun merupakan uang pecahan besar (UPB) dan Rp0,6 triliun uang pecahan kecil,” kata Anton di Kota Cirebon, Kamis (23/3/2024).

Anton mengatakan, ada 136 titik layanan penukaran uang yang bisa didatangi oleh masyarakat di Ciayumajakuning. Sebagian besar merupakan bank milik pemerintah atau pun bank swasta terkemuka.

"Penukaran mulai 25 Maret 2024 sampai 28 Maret 2024. Bank Indonesia Cirebon juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui kas keliling di pusat keramaian," ujar Anton.

Selain itu, KPw Bank Indonesia Cirebon juga bakal menambah lokasi penukaran uang di rest area Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 166 dan rest area KM 207. Untuk penukaran di jalur mudik ini, masyarakat tidak perlu memesan terlebih dahulu melalui Aplikasi PINTAR.

Anton menyebutkan, program penukaran uang yang dilakukan merupakan bagian dari Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah ldulfitri (Serambi) 2023 bersama Bank lndonesia Jawa Barat dan Bank lndonesia Tasikmalaya.

Menurutnya, Serambi adalah rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan dayanan kas kepada masyarakat periode Ramadan dan ldulfitri 2024

Adapun pelaksanaan Serambi sejalan dengan arahan Deputi Gubernur dalam mengimplementasikan tiga framework Bank lndonesia dalam melakukan pengelolaan uang rupiah yang dioptimalkan menjelang hari raya yakni ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya, sistem distribusi uang yang efisien dengan dayanan kas prima, serta infrastruktur," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper