Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anggaran Rp25 Miliar Disiapkan untuk Penanganan Banjir di Cirebon Timur

Pemkab Cirebon menyiapkan anggaran bantuan tidak terduga (BTT) sebesar Rp25 miliar untuk kebencanaan, salah satunya untuk penanganan banjir di bagian timur.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon menyiapkan anggaran bantuan tidak terduga (BTT) sebesar Rp25 miliar untuk kebencanaan, salah satunya untuk penanganan banjir di bagian timur.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sri Wijayawati mengatakan anggaran tersebut sudah disiapkan. Saat ini, pihaknya masih menunggu teknis dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

“Dana sudah disiapkan. Pemerintah pusat juga biasanya akan menggolontorkan dana untuk pembangunan infrastruktur, salah satunya untuk normalisasi sungai,” kata Sri di Kabupaten Cirebon, Kamis (9/3/2024).

Sebelumnya, jumlah warga di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat terkena dampak banjir pada Selasa (5/3/2023) lebih dari 80.000 jiwa. Jumlah itu berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat pada Kamis (7/3/2024) siang

Berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan BPBD, puluhan ribu warga terdampak itu berada di lima kecamatan yaitu, Waled, Karangwareng, Pasaleman, Pabedilan, dan Gebang. Seluruhnya berada di daerah perbatasan antara Jawa Barat-Jawa Tengah.

Banjir tersebut menyebabkan 6.406 rumah terendam, 11 rumah beribadah terendam. Kerugian akibat bencana ini pun masih terus dihitung oleh BPBD bersama pemerintah daerah.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Kuningan dan sebagian Kabupaten Cirebon pada Selasa (5/3/2023) sore menyebabkan volume air Sungai Cisanggarung meningkat, dan merendam permukiman warga di kawasan hilir Sungai Cisanggarung.

Selain berdampak kepada belasan ribu jiwa, banjir yang terjadi di Kabupateb Cirebon ini pun menyebabkan dua warga meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper