Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kala Tokoh Pewayangan Pandawa Lima Jadi Petugas KPPS di Bandung

Kota Bandung memang dikenal sebagai Kota Kreatif. Bahkan saat Pemilihan Umum (Pemilu) warga Kota Bandung pun tetap berkreasi.
Suasana TPS 005 RW 02 Kelurahan Garuda Kecamatan Andir
Suasana TPS 005 RW 02 Kelurahan Garuda Kecamatan Andir

Bisnis.com, BANDUNG — Kota Bandung memang dikenal sebagai Kota Kreatif. Bahkan saat Pemilihan Umum (Pemilu) warga Kota Bandung pun tetap berkreasi.

Tempat Pemungutan Suara (TPS) 005 RW 02 Kelurahan Garuda Kecamatan Andir jadi salah satu buktinya. Di TPS ini, Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa menjadi petugas. Ya, para petugas menggunakan kostum Pandawa Lima. 

Dalam kisah Mahabarata, Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa dikenal sebagai Pandawa Lima. Tak hanya berkostum wayang, TPS 005 juga dihiasi ornamen-ornamen wayang. 

"Kebetulan kami dapat nomor TPS, 005. Lalu kami mencari kaitannya dengan angka 005. Akhirnya setelah berdiskusi memutuskan tema  Pandawa Lima dengan ornamen-ornamen tradisional wayang", ucap Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS ini, Muhammad Zaki.

Menurut Zaki, tema Pandawa Lima juga sekaligus memperkenalkan dan mengingatkan kembali kepada Generasi Milienial dan Generasi Z tentang budaya Indonesia. 

"Kita juga ingin memperkenalkan budaya Indonesia ke warga sekitar yang mungkin sudah lupa dan tidak tahu," tuturnya. 

"Semoga tema ini bisa menarik minat masyarakat untuk memberikan hak pilihnya pada Pemilu tahun 2024," imbuh Zaki.

Warga yang menyalurkan hak suaranya di TPS 005 pun mengaku sangat senang dan antusias dengan tema Pandawa Lima. Beberapa warga mengabadikan momen bersama keluarganya di depan ornamen-ornamen wayang dengan berfoto.

Salah satu pemilih tetap Sudrajat di TPS 005 yang sedang asik bermain wayang bersama kedua cucunya. 

"Ini sangat menarik sekali, terutama memperkenalkan dan mempertahankan kebudayaan Indonesia. Anak-anak juga suka banget dan happy," Sudrajat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper