Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selama Nataru, Daop 3 Cirebon Berangkatkan 120.802 Penumpang

Selama masa libur tersebut, jumlah penumpang yang dilayani oleh pihak Daop 3 Cirebon per harinya sebanyak 6.711.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - PT KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon mencatat selama libur Natal dan Tahun Baru 2024 (23 Desember 2023-7 Januari 2024) melayani 120.802 penumpang.

Vice President KAI Daop 3 Cirebon Dicky Eka Priandana mengatakan selama masa libur tersebut, jumlah penumpang yang dilayani oleh pihak Daop 3 Cirebon per harinya sebanyak 6.711.

“Jumlah tersebut meningkat 41% dibanding periode Nataru 2022/2023 dimana KAI melayani 85.886 pelanggan,” kata Dicky di Kota Cirebon, Selasa (9/1/2024).

Dicky menuturkan, kenaikan volume penumpang terjadi karena meningkatnya minat masyarakat menggunakan angkutan KA. 

Selain itu, pencapaian tersebut pun terjadi pula karena ketepatan waktu atau on time performance keberangkatan kereta api mencapai 99,3% dan kedatangan kereta api mencapai 98,2%. 

“Hal ini juga yang menjadikan pertimbangan utama masyarakat memilih moda transportasi kereta api,” kata Dicky.

Dalam catatan Daop 3 Cirebon, puncak arus libur Natal dan Tahun Baru 2024 terjadi pada Selasa, 26 Desember 2023 dengan jumlah 8.854 penumpang. 

Sementara, puncak terjadi pada Senin, 1 Januari 2024 dengan jumlah 8.699 penumpang.

“Kami mencatat stasiun terpadat pada periode Nataru ini yaitu Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatibarang, dan Stasiun Brebes,” ujar Dicky.

Dicky menyebutkan, KAI berkomitmen untuk terus menciptakan inovasi dan membangun kereta api yang berkelanjutan. Nantinya, menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia.

“Hasil evaluasi ini kami harapkan dapat menjadi strategi pembelajaran yang sangat penting bagi KAI untuk mempersiapkan operasional KA sepanjang tahun 2024, khususnya menjelang Angkutan Lebaran tahun 2024 yang tidak lama lagi akan kita laksanakan,” tutup Dicky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper