Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kantin Jawara BI Jabar Jadi Zona KHAS Klaster Perkantoran Pertama di Indonesia

Kantin Jawara Kantor BI Jawa Barat berhasil meraih predikat sebagai Zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat (KHAS) klaster perkantoran pertama di Jawa Barat.
Kantin Jawara Bank Indonesia Jawa Barat menjadi Zona KHAS berbasis klaster perkantoran pertama di Indonesia.
Kantin Jawara Bank Indonesia Jawa Barat menjadi Zona KHAS berbasis klaster perkantoran pertama di Indonesia.

Bisnis.com, BANDUNG -- Kantin Jawara Kantor Bank Indonesia Jawa Barat berhasil meraih predikat sebagai Zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat (KHAS) klaster perkantoran pertama di Jawa Barat. 

Titel itu didapat usai melewati berbagai proses persiapan, diantaranya sertifikasi halal oleh Lembaga Pemeriksa Halal Salman ITB dan inspeksi kesehatan lingkungan oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung. 

Penetapan Zona KHAS pada Kantin Jawara ini dilakukan oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Diawali dengan peresmian oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono, kegiatan grand launching ini sekaligus menandai Kantin Jawara Bank Indonesia Jawa Barat menjadi Zona KHAS berbasis klaster perkantoran pertama di Indonesia. 

Capaian tersebut juga menjadi wujud internalisasi halal lifestyle dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea menyatakan bahwa pengembangan Zona KHAS Kantin Jawara Bank Indonesia Jawa Barat merupakan perwujudan komitmen pencapaian visi Indonesia sebagai pusat industri halal dunia. 

Selain itu, Zona KHAS Kantin Jawara ini juga menjadi terobosan Bank Indonesia Jawa Barat dalam menginternalisasi halal lifestyle sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di Jawa Barat. 

Lebih lanjut, untuk semakin memperluas kebermanfaatan Zona KHAS, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Workshop Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Industri Halal. 

"Kegiatan ini diikuti 100 mahasiswa dari Universitas Padjadjaran dan Universitas Pendidikan Indonesia guna mendukung pertumbuhan industri halal melalui penguatan kualitas dan peningkatan kuantitas SDM halal," imbunya, Jumat (3/11/2023). 

Mahasiswa yang mengikuti MBKM Industri Halal tersebut kata Erwin dipersiapkan untuk terjun langsung ke lapangan sebagai pendamping proses produk halal (P3H). 

"Selain itu, para mahasiswa tersebut juga akan menjadi pendamping proses sertifikasi halal jalur self-declare, melalui pendampingan dari Lembaga Pendamping Proses Produk Halal [LP3H] Salman ITB dan UIN Sunan Gunung Djati," jelasnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Inkubasi Bisnis Syariah KNEKS Helma Agustiawan menyampaikan bahwa Zona KHAS merupakan bentuk sinergi KNEKS bersama dengan seluruh stakeholders dalam mewujudkan halal value chain. 

Kantin Jawara Bank Indonesia Jawa Barat ini juga dapat menjadi percontohan bagi kantin klaster perkantoran lainnya untuk dapat berlomba menjadikan kantinnya menjadi Zona KHAS yang halal, aman dan sehat bagi pegawai. 

Lebih lanjut, KNEKS juga mengapresiasi langkah Bank Indonesia Jawa Barat dalam mengakselerasi jumlah Pendamping Produk Halal (PPH), sejalan dengan peluang untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendamping halal di negara yang concern dengan halal lifestyle, salah satu diantaranya Jepang. 

"Ke depan, KNEKS terus bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai stakeholders guna mewujudkan Indonesia sebagai produsen produk halal terkemuka di dunia," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper