Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Bey Titip Pesan pada Tenaga Kesehatan

Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta warga menerapkan pola hidup sehat guna mencegah penyebaran penyakit cacar monyet (monkeypox).
Ilustrasi tangan seseorang terinfeksi virus cacar monyet atau Monkeypox/BBC
Ilustrasi tangan seseorang terinfeksi virus cacar monyet atau Monkeypox/BBC

Bisnis.com, BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta warga menerapkan pola hidup sehat guna mencegah penyebaran penyakit cacar monyet (monkeypox).

Bey mengatakan saat ini dari 3 pasien positif satu orang masih dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Sementara 2 pasien dinyatakan sembuh dan negatif.

"Jadi hari ini tinggal satu," katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (2/11/2023).

Menurutnya selain menerapkan pola hidup sehat, semua pihak diminta menghindari kontak langsung dengan yang terinfeksi.  

Bey juga meminta tenaga kesehatan berhati-hati. "Jadi para nakes ini harus betul-betul hati-hati, menggunakan masker dan lain sebagainya," katanya.

Meski penyebaran cacar monyet terbilang cepat pihaknya belum akan mengambil kebijakan pembatasan. 

"Sampai hari ini intinya kita harua menjaga pola hidup sehat dan hindari kontak langsung. Jadi belum sampai ada pembatasan," ujarnya.

Bey memastikan Dinas Kesehatan sudah berkoordinasi dengan rumah sakit agar siap jika ada pasien yang terinfeksi atau bergejala.

"Untuk RS-nya sudah diberi koordinasi Sehingga sudah siap untuk menerima seandainya ada yang terinfeksi atau bergejala," katanya.

Sebelumnya, Kepala bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jabar, Rochady Hendra Setia Wibawa.

Menurutnya kasus Monkeypox pada dasarnya ditemukan pada orang yang dengan imunitas rendah atau daya tahan menurun, termasuk pada Orang dengan HIV/AIDS. Dia meminta agar masyarakat tetap menjaga kesehatan tubuh. 

"Diharapkan masyarakat umum menjaga imunitas nya dengan makanan diet seimbang dan olahraga serta minum suplemen vitamin," katanya. 

Rochady berharap, masyarakat yang merasakan beberapa gejala yang mengarah pada penyakit Monkeypox segera melaporkan pada puskesmas atau dinas kesehatan di masing-masing kabupaten kota untuk mendapatkan penanganan. 

"Kalau yang merasa imunitas nya turun yang kontak lama dengan pasien yang gejalanya seperti cacar segera melaporkan diri," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper