Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak BIK Jabar 2023 Digelar Meriah di Pangandaran

Puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Jawa Barat digelar meriah di Pangandaran dengan menampilkan pelbagai layanan keuangan dan pelaku UMKM.
Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono. Puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Jawa Barat digelar meriah di Pangandaran dengan menampilkan pelbagai layanan keuangan dan pelaku UMKM.
Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono. Puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Jawa Barat digelar meriah di Pangandaran dengan menampilkan pelbagai layanan keuangan dan pelaku UMKM.

Bisnis.com, PANGANDARAN - Puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Jawa Barat digelar meriah di Pangandaran dengan menampilkan pelbagai layanan keuangan dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

Puncak Bulan Inklusi Keuangan Jawa Barat tahun 2023 yang diselenggarakan sejak tanggal 27 Oktober 2023 dengan tema "Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera" di Alun-alun Paamprokan ini, selain meliputi kegiatan expo produk dan layanan Lembaga Jasa Keuangan, expo pelaku UMKM, juga digelar talk show, perlombaan, pemberian apresiasi kepada Penggerak Literasi Inklusi Keuangan, serta Hiburan Musik.

Berdasarkan data yang dihimpun, peserta yang tercatat mengikuti kegiatan Puncak Bulan Inklusi 2023 ini adalah 56 booth peserta yang terdiri dari lembaga jasa keuangan serta pelaku UMKM binaan. 

Yang menarik, dalam puncak BIK ini, juga digelar Kabaret Literasi dan Inklusi keuangan tentang bahayanya Judi Online (Judol) dan Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal. 

Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono mengatakan, selama periode bulan Mei sampai puncak BIK di Oktober tahun ini, penyelenggaraan kegiatan literasi dan edukasi keuangan di Jawa Barat telah diselenggarakan sebanyak 214 kegiatan dengan total peserta sebanyak 41.788 peserta. 

"Kegiatan-kegiatan tersebut telah diselenggarakan baik oleh OJK, BI, Lembaga Jasa Keuangan, maupun sinergi bersama dengan para pemangku kepentingan lainnya," ungkap Indarto di sela kegiatan. 

Ia mengaku BIK 2023 ini menjadi istimewa lantaran untuk kali pertamanya digelar di luar Ibu Kota Jawa Barat, yakni Kota Bandung. Sehingga ia optimis literasi dan inklusi keuangan di Jawa Barat akan terus meningkat dan merata.

Ia juga berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Bulan Inklusi Keuangan sebagai agenda nasional tahunan setiap Oktober, akan semakin meningkatkan komitmen bersama untuk terus berupaya meningkatkan pemahaman dan awareness masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman panitia dan para pihak yang telah berkolaborasi dalam penyelenggaraan kegiatan Puncak Bulan Inklusi Keuangan Jawa Barat tahun 2023," ungkap dia. 

Sementara itu, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengaku senang lantara daerahnya dipilih menjadi lokasi puncak acara BIK Jawa Barat 2023.

"Ini menjadi istimewa karena bertepatan langsung dengan HUT ke-11 Kabupaten Pangandaran," jelasnya. 

Ia juga berharap tingkat literasi keuangan warganya akan semakin merata dan semakin baik. Sehingga warganya bisa menikmati fasilitas layanan keuangan dan terhindar dari jeratan Pinjol Ilegal serta investasi bodong yang kerap terjadi di daerah. 

Puncak BIK Jawa Barat ini ditutup dengan penampilan apik dari musisi lokal Pangandaran dan musisi tanah air, Budi Doremi. Pelantun tembang Mesin Waktu ini menghibur masyarakat yang hadir di lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper