Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Aksi Percobaan Bunuh Diri, Jadwal Kereta Cepat Whoosh Sempat Terganggu

Seorang pria nekat mencoba bunuh diri karena kedapatan sedang mencuri kabel grounding di lintasan kereta cepat.
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat berada di Stasiun KCJB Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (13/9/2023). Bisnis/Rachman
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat berada di Stasiun KCJB Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (13/9/2023). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, BANDUNG -- Aksi seorang pria berinisial S yang mencoba bunuh diri di jalur kereta cepat Whoosh pada Senin (23/10/2023) ternyata sebelumnya sempat melakukan pencurian kabel milik PT KCIC.

Pria yang mengenakan kaos warna merah itu nekat mencoba bunuh diri karena kedapatan sedang mencuri kabel grounding di lintasan kereta cepat.

S lantas berniat melompat dari ketinggian sekitar 40 meter di trase kereta cepat Whoosh, yang berada di RT 02 RW 05 Desa Cempakamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Kapolsek Padalarang Kompol Darwan mengatakan aksi percobaan bunuh diri sang pria gagal setelah petugas kepolisian berhasil membujuknya untuk turun.

"Dia mencoba melakukan aksi bunuh diri kemudian dibujuk, akhirnya tidak jadi loncat dan mau turun," ujar Darwan saat dihubungi, Selasa (24/10/2023).

Setelah gagal percobaan bunuh diri, pria tersebut diamankan Polsek Padalarang untuk diperiksa. Ternyata petugas menemukan kabel dalam tas yang dibawa pria tersebut.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun petugas, aksi pencurian kabel kereta cepat dilakukan karena pria tersebut terdesak kebutuhan ekonomi.

S nekat memutus kabel di sekitar KM 102 sampai KM 103 rel kereta cepat Jakarta-Bandung dan membawa menggunakan tas gendong untuk dijual.

Namun karena kepergok petugas, pria tersebut mencoba melarikan diri serta berupaya mengakhiri hidupnya.

"Duga sementara aksi percobaan bunuh diri tersebut merupakan cara dia berkelit. Karena saat itu memang sudah merasa ketahuan oleh petugas dan dia lari ke atas melewati pembatas untuk mencoba bunuh diri," kata Darwan.

Setelah melalui pemeriksaan oleh tim penyidik, S ditetapkan sebagai tersangka karena terbukti melakukan tindak pidana pencurian.

"Sekarang (statusnya) sudah ditetapkan, dia sebagai tersangka (pencurian kabel). Sekarang yang bersangkutan sudah ditahan di Polsek Padalarang," katanya.

Imbas dari aksi mencoba bunuh diri dan pencurian kabel itu, jadwal keberangkatan 2 kereta cepat Whoosh terpaksa tertunda yakni keberangkatan pukul 13.00 WIB dari Stasiun Halim dan keberangkatan kereta dari Stasiun Tegalluar sempat tertahan sekitar 20 menit. 

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjelaskan kereta cepat Whoosh nomor G1125 rute Halim-Tegalluar yang sempat berhenti itu pertama terjadi pada pukul 10.45 WIB di KM 105 setelah masinis menerima laporan adanya orang tidak dikenal yang memanjat dinding penghalau kebisingan.

"Setelah berkordinasi dengan petugas keamanan dan pihak berwajib dalam hal ini Kepolisian Sektor Padalarang, oknum tersebut berhasil dievakuasi guna mengamankan yang bersangkutan dan perjalanan kereta," kata Eva.

"Setelah dinyatakan aman, Kereta Cepat Whoosh kembali dijalankan pada 10.49 menuju Tegalluar," imbuh Eva.

Petugas PT KCIC terpaksa memadamkan jaringan listrik aliran atas untuk dilakukan inspeksi lebih mendalam demi keselamatan penumpang dan kelancaran laju perjalanan kereta cepat.

Selama proses maintenance oleh petugas di lokasi kejadian, jadwal kereta cepat Whoosh pukul 13.00 WIB relasi Halim-Tegalluar dan Tegalluar-Halim kembali tertunda sekitar 20 menit.

"KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan akan melakukan evaluasi untuk meningkatkan pengamanan jalur serta melakukan sosialisasi ke masyarakat dan berkordinasi dengan kewilayahan setempat untuk mencegah hal serupa kembali terulang," katanya. (K67)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dadi Haryadi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper