Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendaftaran CPNS 2023 Resmi Dibuka, Ini Trik untuk Pejuang CPNS Agar Lolos Tes

Pemerintah akan membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 pada tanggal 17 September 2023.
Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P
Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, BANDUNG -- Pemerintah akan membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 pada tanggal 17 September 2023. Tahun 2023 ini pemerintah akan membuka sebanyak 572.496 formasi CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). 

Dari jumlah tersebut akan terbagi untuk formasi 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 dan pemerintah daerah 493.634 CPNS dan PPPK.

Banyaknya formasi CPNS 2023 yang dibuka, maka peluang untuk bisa diterima pun semakin besar. Namun persaingan untuk bisa lolos menjadi PNS pun tentu tidak mudah.

Bagi Anda yang ingin lolos dan berjuang masuk, penting untuk mengetahui trik agar mudah menjalani tes menjadi abdi negara tersebut. Pasalnya, memang dibutuhkan pemahaman yang luar agar bisa mengerjakan soal tes CPNS agar efektif dan efisien di tengah terbatasnya waktu. 

CEO JadiASN Aditya Pratama Ghifary mengatakan peluang para pencari kerja untuk bisa mendapatkan pekerjaan sebagai PNS saat ini cukup besar. Namun banyak juga yang tidak bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan pekerjaan, alasannya karena mereka tidak menguasai soal-soal yang diujikan saat Tes CPNS.

"Dari rasa khawatir tersebut, saya mulai membuat konten-konten seputar soal tes CPNS, info-info Tes CPNS dan trik bisa lolos CPNS di sosial media terutama Tiktok. Dalam hitungan minggu ternyata konten yang saya buat bisa menjangkau jutaan orang di sosial media Tiktok," ujar Adit, Senin (11/9/2023). 

Bahkan akunnya yang bernama @aditya_mastertutor ini telah memiliki 394 ribu pengikut dengan jutaan like. Tingginya antusias masyarakat untuk tahu akan info tes CPNS, membuat Adit mengembangkan kontennya menjadi sebuah aplikasi khusus.

Aplikasi tersebut bernama JadiAsn. Aplikasi yang sudah hadir sejak 2021 ini dibuat olehnya karena kegelisahan terhadap angka pengangguran di Indonesia mulai dari lulusan SMA hingga lulusan sarjana.

Cara untuk berlangganannya pun cukup mudah, bisa langsung unggah di playstore atau appstore dan isi data diri lengkap dan pilih paket yang akan dibeli.

Adit mengatakan aplikasi JadiASN terbukti sudah membantu ribuan peserta lolos CPNS dan sudah diakses oleh 370.000 pejuang CPNS se-Indonesia. Para pejuang PNS ini pun harus mengetahui berbagai persiapan sebelum mengikuti tes CPNS.

"Beberapa hal yang dibutuhkan adalah persiapan dokumen tes CPNS, mengenali jenis-jenis soal yang akan diujikan seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Setiap jenis soal memiliki materi yang berbeda-beda, sehingga penting untuk memahami jenis-jenis soal tersebut agar bisa belajar dengan efektif," kata Adit.

Selain itu juga sebelum mengikuti tes, Anda harus berlatih mengerjakan soal secara rutin karena bisa membiasakan diri dengan format soal dan cara menjawabnya. Namun dengan adanya aplikasi JadiASN bukan berarti bisa masuk 100 persen.

"Semua dikembalikan kepada para peserta bimbel, apakah bisa memanfaatkan semua fasilitas di aplikasi JadiASN dengan maksimal atau tidak," tuturnya.

Hal ini dikarenakan di dalam aplikasi JadiASN sudah tersedia semua fasilitas yang didesain khusus untuk teman-teman pejuang CPNS, diantaranya mulai dari 40 Paket Try Out/Simulasi Soal CPNS, 300++ Paket Latsoal Soal CPNS, 3 kali sesi live materi CPNS dengan tutor berpengalaman dan dijelaskan dengan cara cepat, semua soal ada teks dan video soal dijelaskan dengan cara cepat, dan Analisis skor Try Out/Simulasi lengkap. 

Dengan adanya aplikasi JadiASN ini, Adit berharap bisa membantu jutaan pejuang CPNS untuk bisa mendapatkan bimbel tes CPNS dengan harga terjangkau dan kualitas bagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler