Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cibulan, Wisata Legenda Kuningan yang Sudah Ada Sejak 1939

Objek wisata Cibulan di kaki Gunung Ciremai masih menjadi daya tarik bagi wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. 
Objek wisata Cibulan/Bisnis-Rachman
Objek wisata Cibulan/Bisnis-Rachman

Bisnis.com, KUNINGAN - Objek wisata Cibulan di kaki Gunung Ciremai masih menjadi daya tarik bagi wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. 

Berada di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, wisata ini dikenal dengan keberadaan ikan dewa (kancra) yang berada di kolam. Konon, ikan tersebut merupakan jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi. 

Wisata kolam pemandian ini berjarak tujuh kilometer dari pusat kota Kabupaten Kuningan atau 28 kilometer dari pusat Kota Cirebon, Jawa Barat. 

Pantauan Bisnis.com, Jumat (4/8/2023), wisata Cibulan terdapat dua kolam pemandian. Kolam pertama, memiliki luas 35x15 meter dengan kedalaman dua meter. 

Sementara, untuk kolam kedua berukuran 45x15 meter dengan kedalaman 60 hingga 120 centimeter. 

Wisatawan asal Bandung, Ratna mengatakan saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan, ia selalu menyempatkan diri berkunjung ke Cibulan. Pertama kali ia mendatangi wisata legenda itu saat berusia belasan tahun. 

“Dari sekolah udah sering ke sini. Seneng sih renang sama ikan, bagus banget. Beda aja gitu rasanya,” kata Ratna di Kabupaten Kuningan, Jumat (4/8/2023). 

Selain kolam, terdapat pula air mata yang berbentuk kolam-kolam kecil. Setiap kolamnya masing-masing diberi nama.

Di sekitar objek wisata Cibulan juga sudah terdapat berbagai fasilitas penunjang, seperti kamar bilas dan toilet.

Cibulan diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan, R.A.A. Mochamad Ahmad. 

Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat, ikan dewa di kolam pemandian awalnya merupakan prajurit-prajurit yang membangkang atau tidak setia raja Pajajaran, Prabu Siliwangi. 

Karena membangkang, Prabu Siliwangi pun murka dan langsung mengutuk para prajuritnya itu menjadi ikan. Adanya cerita tersebut, siapapun yang berani mengambil ikan dewa ini bakal mengalami nasib buruk. 

Selain kolam pemandian ikan dewa, di lokasi yang sama terdapat tujuh sumber mata air yang dikeramatkan. Sumber air tersebut diberi nama Tujuh Sumur. 

Tujuh sumur itu bernama, Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan.

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah Investasi Jabar Juara 2023. Perjalanan jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat, Dinas Sumber Daya Air (DSDA), Dinas Perumahan dan Pemukiman Jabar, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR), Pemerintah Kabupaten Sumedang, Bank BJB, Migas Utama Jabar, Bank Indonesia Jawa Barat, EIGER, dan JNE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper