Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cisumdawu hingga Dawuan Bisa Mulai Diakses Besok, Tarif Cuma Sampai Cimalaka

Operasional Jalan Tol Cisumdawu secara penuh kemungkinan dipastikan bakal diberlakukan besok, Rabu (12/7/2023). 
Tol Cisumdawu/Bisnis
Tol Cisumdawu/Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG -- Operasional jalan Tol Cisumdawu secara penuh kemungkinan dipastikan bakal diberlakukan besok, Rabu (12/7/2023). 

Direktur Teknik PT CKJT Bagus Medi Suarso mengatakan, meski sudah diresmikan hari ini, Selasa (11/7/2023), pihaknya perlu membersihkan terlebih dahulu sisa-sisa seremonial peresmian yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. 

"Hari ini perlu pembersihan dulu dari panggung, sampah-sampah dan pengaktifan teknologi, kemungkinan besok lah kita fungsikan," ungkap Bagus kepada Bisnis, Selasa (11/7/2023). 

Bagus menjelaskan, mulai besok, pengendara sudah bisa menggunakan Tol Cisumdawu dari Gerbang Tol Cileunyi hingga Ujungjaya Utama. Untuk tarif, ia memastikan pengendara hanya dikenakan tarif dari Tol Cileunyi hingga Gerbang Tol Cimalaka saja. 

"Jadi nanti meskipun sampai Ujungjaya, tarif hanya hingga Cimalaka, sambil nunggu SK Tarif dari Kementerian Perhubungan," imbuhnya. 

Ia mengimbau, pengendara yang akan melintasi Tol Cisumdawu hingga Dawuan, agar memerhatikan beberapa hal. Pertama, pastikan kondisi kendaraan prima. 

"Kendaraan pastikan harus prima, jadi nanti bisa nyaman," imbuhnya. 

Kedua, pengendara diminta untuk mengisi bahan bakar yang cukup untuk menempuh jarak lebih dari 60 kilometer. "Karena tidak ada rest area, jadi persiapkan bahan bakar yang cukup," jelasnya. 

Ketiga pengendara diminta untuk tidak berkendara dalam keadaan tidak fit atau mengantuk, pasalnya kondisi jalan di Cisumdawu yang relatif baru, juga memiliki beberapa kelokan dan lurusan yang membutuhkan fokus tinggi. 

"Jangan sampai juga terlena oleh pemandangan di sana, karena sepanjang jalan itu pemandangannya indah," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper