Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KKJ PKJB: Hunting Produk UMKM dan Nikmati Penampilan Judika hingga Andmesh di Gedung Sate

Gelaran KKJ dan PKJB 2023 bakal menghadirkan ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kreatif dengan beragam karya unik.
KKJ dan PKJB 2023 di Gedung Sate
KKJ dan PKJB 2023 di Gedung Sate

Bisnis.com, BANDUNG -- Gelaran Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2023 bakal menghadirkan ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kreatif dengan beragam karya unik. 

Untuk itu, bagi masyarakat yang mencari produk UMKM berkualitas, mulai dari produk kriya, kerajinan tangan, fesyen dan produk menarik lainnya, bisa datang ke Gedung Sate, Kota Bandung lantaran gelaran berlangsung hingga Minggu (9/7/2023). 

Selain itu, setiap harinya akan ada juga penampilan dari artis ternama, seperti Judika dan Fabio Asher di Sabtu (8/7/2023). Sedangkan penampilan Andmesh Kamelang dan Nidji pada Minggu (9/7/2023). 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar Erwin Gunawan Hutapea menjelaskan, KKJB dan PKJB yang rutin digelar tahun ini juga spesial menyuguhkan Java Tea Festival (JTF) , sebagai bentuk dukungan kemajuan Teh di Jawa Barat. 

Menurutnya, JTF ini juga menjadi menarik bagaimana secara konsisten pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus menghadirkan teh sebagai komoditas unggulan yang dimiliki Jawa Barat selain kopi. 

"Spesial pada tahun ini kita gelar Tea Festival yang menjadi bagian dari KKJB ini. Tujuannya agar Teh di Jawa Barat kembali berkembang dan mendukung UMKM yang bergerak di bidang Teh, " kata Erwin.

KKJB dan PKJB 2023, diikuti 120 pelaku UMKM dari seluruh Jabar, Dekranasda 27 Kabupaten Kota, serta 46 OPD Jabar.

Digelar selama 3 hari 7-9 Juli di Gedung Sate.Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar Atalia Praratya KamilKamil menyebut, ajang KKJ dan PKJB ini membuka peluang perluasan pasar pelaku UMKM di Jabar.

"Selain menjadi ajang display hasil produk unggulan Jawa Barat, ini juga bisa menjadi wadah bertemunya pengusaha besar yang bisa membantu memperluas pasar bagi produk-produk UMKM bahkan sampai ke luar negeri," katanya.

Atalia berharap, ajang tersebut juga bisa mendongkrak inklusi keuangan digital baik bagi masyarakat maupun pelaku UMKM peserta KKJB dan PKJB.

"Karena semua transaksi di sini menggunakan QRIS, tadi Saya sudah mencoba, begitu mudah dan cepat," ungkapnya.

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja menyambut baik kolaborasi antara pemerintah, BI dan Dekranasda dalam gelaran KKJB dan PKJB. Menurutnya hal itu sebagai wujud inovasi semua stakeholder di Jawa Barat sebagai bukti kemajuan.

"Terus berinovasi da berkreasi, karena itu akan menjadi bukti kemajuan suatu daerah. Jadi jangan berhenti untuk berinovasi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper