Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPDB Jabar 2023: Total Pendaftar Tahap Pertama Capai 317.000

Tahap pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, SLB tahun 2023 di Jawa Barat resmi ditutup. 
Kadisdik Jabar Wahyu Mijaya (kanan)
Kadisdik Jabar Wahyu Mijaya (kanan)

Bisnis.com, BANDUNG--Tahap pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, SLB tahun 2023 di Jawa Barat resmi ditutup. Dinas Pendidikan Jabar mencatat sebanyak 317.000 siswa-siswi yang mendaftarkan diri.

Kadisdik Jabar Wahyu Mijaya mengatakan tahap pertama atau jalur afirmasi PPDB Jabar 2023 resmi ditutup pada 10 Juni 2023. 

Saat ini peserta yang telah lolos akan menjalani beberapa tahap selanjutnya untuk kemudian diputuskan pada 20 Juni 2023.

"Untuk jumlah pendaftar itu ada 317.531. Terdiri dari SMA 55,3 persen, SMK nya 44,7 persen," katanya di Bandung, Senin (12/6/2023).

Dalam tahap pertama ini ada beberapa jalur yang dibuka. Pertama jalur Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM), kemudian ada kondisi tertentu, perpindahan tugas orang tua atau anak guru, prestasi, dan jalur rapot. 

"Tahap pertama ini sudah ditutup, selanjutnya peserta PPDB akan menunggu pengumuman 20 Juni 2023, sekarang ini masih proses, ada uji kompetensi keahlian kejuaraan dan masih berproses," ungkapnya. 

Disinggung soal wilayah mana saja yang paling banyak peserta PPDB Jabar 2023 menurutnya hampir rata, karena menyesuaikan jumlah wilayah. Namun, berdasarkan data yang dimilikinya ada di wilayah Kantor Cabang Dinas (KCD) Disdik Jabar 3.

"Jumlah  yang paling banyak itu di KCD wilayah 3. Yaitu: Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi," ucapnya. 

Sebelumnya, Wahyu mengatakan, pendaftaran PPDB 2023 Pemprov Jabar menyediakan 300.000 kuota secara keseluruhan untuk SMA, SMK dan SLB. 300.000 kuota ini disediakan untuk tahap pertama afirmasi dan tahap kedua zonasi. 

Tahap afirmasi sendiri dilaksanakan pada 6-10 Juni 2023. Sedangkan untuk tahap dua atau zonasi dimulai pada 26-30 Juni 2023.

"Jadi untuk total kuota secara keseluruhan PPDB 2023 bagi SMA, SMK dan SLB negeri di Jabar mencapai 300 ribu lebih," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler