Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyaluran Dua Tahap Bantuan Pangan Beras di Jabar Capai 100 Persen

Dua tahap penyaluran bantuan cadangan pangan beras bagi 4.427.706 keluarga penerima manfaat (KPM) di Jawa Barat sudah mencapai 100 persen.
Kepala DKPP Jabar Moh Arifin Soedjayana (tengah)
Kepala DKPP Jabar Moh Arifin Soedjayana (tengah)

Bisnis.com, BANDUNG—Dua tahap penyaluran bantuan cadangan pangan beras bagi 4.427.706 keluarga penerima manfaat (KPM) di Jawa Barat sudah mencapai 100 persen.

Penyaluran bantuan pangan yang dikoordinasikan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat bersama Perum Bulog Wilayah Jawa Barat dan PT Pos Indonesia Regional 2 dan 3 Wilayah Jawa Barat ini merupakan bagian dari program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).

Berdasarkan keputusan Kepala Badan Pangan Nasional Alokasi Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Penerima Bantuan Pangan Wilayah Jawa Barat berupa beras untuk sebanyak 4.427.706 KPM. 

Sementara bantuan pangan untuk 410.691 KRS  (Keluarga Beresiko Stunting) berupa komoditas daging ayam ras dan telur ayam ras.

Kepala DKPP Jabar Moh Arifin Soedjayana mengatakan Badan Pangan nasional memberikan penugasan kepada Perum Bulog untuk penyaluran pangan dan PT Pos Indonesia sebagai transporter sampai ke titik bagi/penerima manfaat. 

Arifin mencatat berdasarkan data rekap penyaluran bantuan pangan komoditas beras per 5 Juni 2023 untuk tahap 1 sudah terlaksana penyaluran 100 persen dari Perum Bulog Wilayah Jawa Barat, dan 100 persen salur oleh PT Pos Indonesia kepada KPM.

"Penyaluran tahap 2 mulai tanggal 12 Mei 2023 sampai dengan 5 Juni 2023 sudah tersalurkan 100 persen dari Perum Bulog Wilayah Jawa Barat dan 98,92 persen data salur PT Pos Indonesia kepada KPM," katanya di Bandung, Selasa (6/6/2023).

Sementara berdasarkan hasil kesepakatan Perum Bulog Jawa Barat dan PT Pos Indonesia pada 30 Mei 2023 juga sudah memulai penyaluran tahap 3.

"Dengan catatan tahap 3 ini didahulukan bagi wilayah  kabupaten/kota di wilayah Jawa Barat yang sudah terlaksana 100 persen penyaluran bantuan pangan komoditas beras tahap 2," katanya.

Menurutnya progres penyaluran tahap 3 per 5 Juni 2023 sudah mencapai 10,56 persen dari Perum Bulog Wilayah Jawa Barat dan 4,92 persen data salur PT Pos Indonesia kepada KPM.

Sementara untuk penyaluran Bantuan Pangan Komoditas Daging Ayam Beku dan Telur Ayam Ras tahap 1 berdasarkan data rekap per 5 Juni 2023 dari ID Food dan PT Pos Indonesia sudah tersalurkan sebanyak 99,90 persen.

"Tinggal 410  KRS untuk wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Purwakarta. Jabar ini KPM nya terbesar se-Indonesia, banyak daerah remote, alhamdulilah berkat kerja sama seluruh pihak penyaluran bisa berlangsung cepat," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper