Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Bjb Tawarkan 3 Skema Pembiayaan di Program Petani Milenial

Bank bjb bersama Pemprov Jabar secara konsisten terus menguatkan program Petani Milenial agar para petani muda mendapatkan banyak kemudahan dalam berbisnis.
Ilustrasi/petanimilenial.jabarprov.go.id
Ilustrasi/petanimilenial.jabarprov.go.id

Bisnis.com, BANDUNG—Bank Bjb terus menunjukan komitmennya mendukung para Petani Milenial lewat sejumlah skema pembiayaan yang ditawarkan pada para peserta dan offtaker.

Pemimpin Divisi Kredit UMKM Bank Bjb Denny Mulyadi mengatakan Bank Bjb menawarkan tiga konsep yaitu, direct to end user, closed loop skema kemitraan dan corporate farming. 

Denny menerangkan konsep direct to end user merupakan pembiayaan langsung bagi para petani milenial yang telah menjalankan usaha pertanian, telah memiliki pasar sendiri serta secara mandiri mampu menjalankan usaha.

"Dalam skema ini perusahaan offtaker dapat berperan dalam turut menampung hasil budidaya atau menambah pasar dari petani," katanya mengutip keterangan resmi, Senin (29/5/2023). 

Dia melanjutkan untuk konsep kedua, closed loop skema kemitraan, skema pembiayaan yang menjadi enduser  atau debitur adalah petani, namun petani tersebut adalah mitra dari perusahaan offtaker.

"Nantinya offtaker akan menyediakan pasar, bibit, pendampingan, serta menjadi avalis bagi para petani, Karena petani ini dijamin offtaker maka petani harus menjalankan budidaya sesuai SOP yang diberikan offtaker dan menjual hasil panen kepada offtaker," katanya.

Ketiga, corporate farming. Skema pembiayaan tersebut adalah bank memberikan pembiayaan kepada perusahaan offtaker.

Menurut Denny jumlah pembiayaan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan offtaker. Nantinya petani akan menjalankan budidaya sesuai dengan arahan dari perusahaan offtaker. 

Pada skema itu tidak ada keterkaitan petani dengan bank, mungkin bisa saja petani dianggap pegawai oleh offtaker atau dapat juga sebagai mitra, tergantung bentuk Kerjasamanya nanti.

“Bank Bjb setia mendukung Petani Milenial yang tujuan akhirnya seperti yang diharapkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yaitu meski tinggal di desa tapi rezeki kota dan bisnis mendunia," kata Denny.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank Bjb Widi Hartoto menambahkan Bank bjb bersama Pemprov Jabar secara konsisten terus menguatkan program Petani Milenial agar para petani muda mendapatkan banyak kemudahan dalam berbisnis.

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah Petani Milenial Juara. Kerja jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Kehutanan Jawa Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Jawa Barat, Dinas Perkebunan Jawa Barat, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat, dan Bank Bjb.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper