Ini Dia Syarat Agar Produk Peserta Bisa Mejeng di Gerai Petani Milenial

Gerai Petani Milenial adalah salah satu sokongan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat pada program yang digagas sejak 2021
Petani Milenial Jawa Barat Idik membudidayakan jahe di lahan garapannya seluas satu hektar dengan kapasitas produksi rata-rata 50 ton dalam satu kali musim tanam. -Bisnis/Rachman
Petani Milenial Jawa Barat Idik membudidayakan jahe di lahan garapannya seluas satu hektar dengan kapasitas produksi rata-rata 50 ton dalam satu kali musim tanam. -Bisnis/Rachman


Bisnis.com,BANDUNG—Produk pertanian yang dikembangkan oleh peserta program Petani Milenial sudah mulai diperkenalkan ke publik lewat Gerai Petani Milenial sepanjang satu tahun terakhir.

Gerai Petani Milenial adalah salah satu sokongan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat pada program yang digagas sejak 2021 tersebut. Ada tiga gerai Petani Milenial yang sudah hadir, yakni di Mal Botani Square, Kota Bogor, KAI Daop 2 Bandung, dan Cihampelas Walk, Kota Bandung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Noneng Komara Nengsih mengatakan  produk holtikultura para petani muda yang dijual seperti madu, kopi, gula aren, abon, dan jus jeruk nipis. “Tidak menutup kemungkinan akan ditambah produk budidaya lain,” katanya Jumat (26/5/2023).

Noneng memastikan produk yang ada di Gerai Petani Milenial telah melewati proses kurasi dari Aperindo (Asosisasi Pedagang Ritel Indonesia), Disperindag Jawa Barat serta perangkat daerah lain, seperti Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kehutanan, Dinas Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan. 

Ada sejumlah tahapan agar produk-produk ini bisa mejeng di Gerai Petani Milenial. Noneng menuturkan kurasi produk petani milenial meliputi administrasi, interview, hingga kualitas produknya itu sendiri.

“Tujuan lain dari kehadiran Gerai Petani Milenial ini yakni diharapkan memacu semangat para petani milenial untuk meningkatkan produktivitasnya karena hasil panennya masuk ke pasar premium,” ujarnya.

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah Petani Milenial Juara. Kerja jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Kehutanan Jawa Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Jawa Barat, Dinas Perkebunan Jawa Barat, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat, dan Bank Bjb.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper