Salut! 1.206 Peserta Program Petani Milenial Aktif Kembangkan Usaha Pertanian

Program Petani Milenial yang telah berjalan selama 2 tahun sejak 2021 mulai melahirkan para petani muda yang tetap berjuang dan mengabdikan diri menjadi petani.
Program Petani Milenial/Bisnis
Program Petani Milenial/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG—Program Petani Milenial Provinsi Jawa Barat yang telah berjalan selama 2 tahun sejak 2021 mulai melahirkan para petani muda yang tetap berjuang dan mengabdikan diri menjadi petani.

Data Biro Perekonomian Setda Jabar yang diperoleh Bisnis, tercatat hingga awal 2023 jumlah Petani Milenial terdaftar adalah sebanyak 29.890 peserta.

“Terdiri dari tahun 2021 yakni sebanyak 8.996 pendaftar, dan tahun 2022 yakni sebanyak 20.894 pendaftar,” mengutip laporan.

Hasil seleksi peserta Petani Milenial yang diterima pada 2021 sebanyak 1.766 peserta, dan pada 2022 sebanyak 5.828 peserta, dengan total 1.249 peserta yang telah diinagurasi pada Maret, 2022.

Kabar menggembirakan datang dari hasil pendataan terkait aktivitas usaha Petani Milenial tahun 2021. Dimana terdata sebanyak 1.206 peserta yang masih aktif menjalankan usahanya; sebanyak 350 peserta tidak aktif menjalankan usaha; serta 210 peserta telah mengundurkan diri.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan program yang sudah berjalan sejak 2021 tersebut selalu dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Menurutnya dari upaya yang sudah berjalan, 2/3 peserta program mengalami keberhasilan.

“Tolong diapresiasi, sepertiga belum berhasil,” katanya.

Menurutnya dengan capaian ini ia meminta program tersebut tidak digeneralisir mengalami kegagalan, mengingat ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi agar program ini berjalan lancar.

“Karena kan Pemprov ini mengawinkan tiga pihak, si petani milenial, perbankan dan pembeli, ada dinamika,” ujarnya.

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah Petani Milenial Juara. Kerja jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Kehutanan Jawa Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Jawa Barat, Dinas Perkebunan Jawa Barat, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat, dan Bank BJB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper