Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

4.460 Calon Jemaah Haji Jawa Barat Belum Lunasi Biaya Haji

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Ajam Mustajam mengatakan untuk pelunasan biaya haji diperpanjangan sampai 19 Mei 2023.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 16 Mei 2023  |  14:57 WIB
4.460 Calon Jemaah Haji Jawa Barat Belum Lunasi Biaya Haji
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat Ajam Mustajam

Bisnis.com, BANDUNG--Sebanyak 4.460 calon jemaah haji reguler asal Jawa Barat belum melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat Ajam Mustajam mengatakan untuk pelunasan biaya haji diperpanjangan sampai 19 Mei 2023.

"Progres sampai saat ini ada penambahan 200 orang yang melunasi. Total yang belum melunasi ada 4.460 orang," katanya dalam diskusi yang diadakan oleh PWI Pokja Gedung Sate Bandung, Bandung, Selasa (16/5/2023).

Berdasarkan data dari Kementerian Agama total kuota calon jemaah haji asal Jawa Barat sebanyak 38.296 orang sementara total kuota cadangan calo  jemah haji asal Jawa Barat 11.617 orang.

Pihaknya mencatat hingga saat ini total calon jemaah haji murni/regular yang sudah melunasi ialah sebanyak 33.866 orang.

Menurutnya pelunasan penting karena muota yang tersisa atau tidak terisi akan diberikan kepada kuota nasional atau daerah lain.

"Kalau nanti banyak calon jemaah haji reguler yang tidak bisa melunasi biaya haji, kami malah khawatir akan berdampak pada penentuan kuota selanjutnya," katanya.

Lebih lanjut ia menegaskan penetapan kuota calon jemaah haji didasarkan pada prinsip azas keadilan sehingga daftar tunggu haji di wilayah Jawa Barat, perbedaannya tidak terlalu mencolok di setiap kabupaten/kota.

"Paling yang perbedaan itu hanya sampai satu hingga dua tahun, tidak sampai hingga belasan tahun. Karena prinsipnya kuota haji itu dihitung dari jumlah penduduk," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji kemenag
Editor : Ajijah

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top