Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H+3 Lebaran, Jalur Pantura Kabupaten Cirebon Padat

Pantauan Bisnis, kepadatan di ruas jalur pantura Kabupaten Cirebon terjadi mulai dari Kecamatan Kedawung hingga Kecamatan Plumbon sepanjang 7 kilometer.
Ilustrasi situasi lalu lintas di Pantura/Istimewa
Ilustrasi situasi lalu lintas di Pantura/Istimewa

Bisnis.com, CIREBON- Jalur pantai utara (Pantura) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat terpantau padat pada H+3 Lebaran, Selasa (25/4/2023). Pengendara arah Jawa Tengah menuju Jabodetabek memadati salah satu jalur utama tersebut.

Pantauan Bisnis.com, kepadatan di ruas jalur pantura Kabupaten Cirebon terjadi mulai dari Kecamatan Kedawung hingga Kecamatan Plumbon sepanjang 7 kilometer.

Kepadatan tersebut diperparah dengan adanya aktivitas pemudik maupun wisatawan di sentra oleh-oleh dan kuliner khas Cirebon, yang menyebabkan adanya beberapa titik parkir di bahu jalan.

Pemudik, Arief Rahman (40) mengatakan, sengaja melakukan perjalanan balik ke Kota Depok melintasi jalur arteri. Hal tersebut lantaran untuk mencari beberapa oleh-oleh dari setiap kota yang dilintasi.

"Tidak apa-apa macet, yang penting bisa mencari oleh-oleh sekalian istirahat," kata Arief di Kabupaten Cirebon, Selasa (25/4/2023).

Kementerian Perhubungan menyebutkan, puncak arus balik mudik Lebaran 2023 mulai terjadi pada Senin (24/4/2023) siang.

Masyarakat dapat lebih longgar untuk mulai melakukan perjalanan balik menuju Jakarta dan sekitarnya pada dua hari ke depan. Waktu terbaik bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan balik adalah Rabu (26/4/2023) hingga Sabtu (29/4/2023).

Seperti diketahui, lebih dari 123 juta orang melaksanakan mudik pada lebaran tahun ini. Jumlah tersebut meningkat 14,2 persen dibanding tahun lalu yang mencapai 85,5 juta orang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat untuk menunda perjalanan pulang guna menghindari kepadatan pada gelombang pertama puncak arus balik yang diprediksi akan jatuh pada hari ini, Senin (24/4/2023) dan besok, Selasa (25/4/2034).

Jokowi menyebut aturan tersebut khususnya berlaku untuk ASN, TNI - Polri, hingga pegawai BUMN.

Pasalnya, Jokowi menambahkan, puncak arus mudik 2023 menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah. Dengan demikian, arus balik Lebaran 2023 juga akan menjadi yang terbesar sepanjang sejarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper