Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Malam Takbiran Lebaran 2023, Purwakarta Siagakan 450 Pasukan Orange

Pemkab Purwakartamenyiapkan kekuatan penuh petugas kebersihan di malam takbiran hingga pelaksanaan lebaran mendatang.
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika/Bisnis-Asep Mulyana
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika/Bisnis-Asep Mulyana

Bisnis.com, PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta menyiapkan kekuatan penuh petugas kebersihan alias pasukan orange untuk menjaga kebersihan di malam takbiran hingga pelaksanaan Salat Idulfitri 2023 mendatang. Ratusan petugas berseragam orange ini akan disiagakan di titik krusial yang kerap dibanjiri sampah saat momentum tersebut.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menuturkan, berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya jelang lebaran seperti sekarang ini kerap terjadi peningkatan volume sampah. Atas dasar itulah, pihaknya akan menyiagakan petugasnya untuk mengantisipasi supaya tak ada penumpukan sampah. 

"Petugas kebersihan di dinas terkait, sudah siap untuk disebar di beberapa tempat keramaian, terutama di jalur protokol yang menjadi titik konsentrasi warga," ujar Anne dalam keterangannya, Rabu (19/4/2023).

Anne menjelaskan, pihaknya memprediksi produksi sampah yang dihasilkan warga jelang lebaran akan berbeda dari hari biasanya. Kenaikannya, sekitar 2-3 kali lipat dari hari normal.

"Biasanya pada malam takbiran hingga pagi menjelang Shalat Ied terjadi peningkatan volume sampah. Ini yang kami antisipasi," jelas dia.

Adapun petugas kebersihan yang akan dikerahkan, berjumlah sekitar 450 orang yang terdiri dari petugas sapu dan sopir armada sampah. Mereka, akan bertugas menyisir seluruh lokasi selama prosesi malam takbiran hingga perayaan lebaran dengan segala peralatan pendukungnya.

Selain petugas penyapu, kata dia, nantinya pihaknya pun akan menyiagakan petugas penyisir yang mengangkut sampah tersebut. Supaya, tak terjadi penumpukan di tempat pembuangan sementara (TPS).

"Semoga dengan gerak cepat petugas keberisihan ini, wilayah Purwakarta tetap bersih dan nyaman selama lebaran," tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler