Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Perkuat Peran Kaum Hawa di Sektor UMKM

Hingga saat ini, ada sekitar 37 Juta UMKM yang dikelola oleh perempuan.
Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mencoba memproduksi produk kuliner dalam program Catering Academy yang diinisiasi Kadin Kota Bandung. /Bisnis.
Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mencoba memproduksi produk kuliner dalam program Catering Academy yang diinisiasi Kadin Kota Bandung. /Bisnis.

Bisnis.com, BANDUNG -- Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia berkomitmen untuk mendongkrak kualitas dan kuantitas pelaku UMKM di Tanah Air.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, mengatakan salah satu caranya dengan meningkatkan sinergitas Kadin, baik di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota.

"Salah satu upaya tersebut dituangkan dalam program Kadin Impact Award (KIA)," katanya di Kantor Kadin Kota Bandung, Jumat (14/4/2023). 

Kadin Indonesia, kata Arsjad. menjadikan UMKM sebagai fokus utama pada tahun 2023. Pasalnya UMKM menjadi penopang perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. 

Hingga saat ini, ada sekitar 37 Juta UMKM yang dikelola oleh perempuan dan dengan semakin banyaknya program seperti Catering Academy, yang dilaksanakan Kadin Kota Bandung, diharapkan dapat semakin meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM, serta memperkuat ekonomi daerah dan nasional. 

Diketahui, Program Catering Academy merupakan program yang berfokus pada kategori pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengembangan kemampuan gastronomi dan usaha bidang kuliner. 

Anggota-anggota program Catering Academy adalah perempuan yang memiliki ketertarikan dalam bidang kuliner dan akan menjalani pelatihan yang diisi oleh praktisi kuliner yang berpengalaman sehingga kemudian dapat membangun UMKM di bidang jasa katering. 

“Perempuan memiliki peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan, dan penting bagi kita semua untuk menyadari bahwa perempuan memiliki peran yang besar dalam pemulihan ekonomi, baik dalam skala nasional maupun global," katanya.

Arsjad menilai program Catering Academy yang diinisiasi Kadin Kota Bandung ini memiliki potensi untuk membantu UMKM perempuan naik kelas, yang awalnya memulai usaha dari skala kecil hingga terus menjadi lebih berkembang.

Menurutnya, gelaran seperti Catering Academy ini baik untuk memberikan ruang kaum hawa agar mampu memonetisasi kemampuannya meracik hidangan hingga tumbuh dan mampu menjadi pelaku usaha yang andal. 

“Program ini harus kita dukung untuk terus berkembang, melihat Jawa Barat menduduki peringkat pertama sebagai provinsi dengan UMK makanan dan minuman nomor 1 secara nasional dengan kota Bandung sebagai salah satu kontributor terbesar," kata dia.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Bandung, Iwa Gartiwa mengatakan saat ini program tersebut banyak diminati perempuan Kota Bandung. 

“Melalui program Catering Academy, para pelaku usaha UMKM perempuan di kota Bandung dapat belajar dan meningkatkan kualitas usaha kateringnya. Tak hanya itu, program ini juga menjadi wadah untuk berinovasi bagi para pelaku usaha di era digital,” kata Iwa.

Dia menambahkan, sejak tahun 2020, jumlah peserta Catering Academy terus meningkat setiap tahunnya hingga saat ini telah mencapai lebih dari 2.700 peserta. 

Program ini tidak hanya berfokus pada dasar pembuatan produk, namun juga akan mengajarkan para peserta cara menerapkan strategi marketing agar mereka dapat belajar cara memasarkan produk dengan lebih luas lagi.  

Pemilihan pelatihan bidang kuliner ini dipengaruhi oleh budaya dan menjadi salah satu sektor perekonomian di Kota Bandung yang berkembang dengan pesat. Selain itu, dengan kemajemukan jenis kuliner tradisional di Kota Bandung diharapkan dapat turut memperkuat ketahanan pangan di Kota Bandung.

“Dengan semua dukungan banyak pihak, kami berharap dapat terus menjalankan program Catering Academy sehingga akan semakin memberikan dampak positif untuk para UMKM perempuan di kota Bandung,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler