Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Wisata di Kota Dodol untuk Libur Lebaran 2023

Garut atau biasa dikenal sebagai Kota Dodol ini, menyimpan banyak objek wisata alam maupun buatan.
Kolam air panas Gunung Papandayan
Kolam air panas Gunung Papandayan

Bisnis.com, GARUT - Libur Hari Raya Idulfitri 1444 H segera tiba dalam waktu dekat. Wilayah Kabupaten Garut di Jawa Barat bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu pada momen tersebut.

Garut atau biasa dikenal sebagai Kota Dodol ini, menyimpan banyak objek wisata alam maupun buatan. Tidak hanya wisatawan lokal, daerah ini kerap kali menjadi destinasi utama pelancong dari luar negeri.

Berikut ini adalah sejumlah objek wisata yang bisa kamu kunjungi pada momen libur Hari Raya Idulfitri;

1. Talaga Bodas

Kabupaten Garut merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Salah satu situs unggulan adalah Kawah Talaga Bodas di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut.

Destinasi wisata yang daya tarik utamanya adalah kawah ini terletak 25 kilometer dari Simpang Lima Garut dan satu jam perjalanan dari Simpang Lima.

Setelah sampai di tempat wisata ini pengunjung tidak perlu khawatir karena jalur wisata dapat dilalui dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Setibanya di pintu masuk situs, pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp9.500 dan selanjutnya dapat memarkir kendaraan dan berjalan kaki sejauh satu kilometer untuk memasuki kawah gunung tersebut.

Tamu yang tiba di tempat itu disuguhi kawah yang membentuk danau putih. Pemandangan ini tak kalah spektakulernya dengan Wisata Kawah Putih di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Selain kawah, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan yang indah yaitu padang pasir yang dihuni oleh hewan asli yaitu kera ekor panjang (Macaca fascicularis).

Bukan cuma selfie atau jalan-jalan. Berjarak 200 meter dari bibir kawah, pengunjung juga bisa berendam di kolam belerang untuk bersantai setelah berjalan kaki dari pintu masuk kawah.

2. Melihat Singa di Cikembulan

Ada satu tempat di Kabupaten Garut yang memiliki koleksi tiga anak singa Afrika (Panthera leo), yaitu Taman Satwa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, biasanya dari sepasang Rimba dan Sinta.

Tiga singa bernama Bonar, Bintang dan Dewa lahir pada 13 Desember 2017 pukul 12.00. Ketiga singa tersebut saat ini berada di kandang yang sama dengan induk betina dan terpisah dari induk jantannya.

3. Kolam Air Panas di Gunung Papandayan

Pengunjung tak hanya bisa menikmati panorama alam, tapi juga bersantai di kolam thermal treatment yang terletak di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.

Memasuki area pengolahan air panas, pengunjung mencium bau menyengat yang diketahui berasal dari belerang kedua kolam tersebut.

Berbeda dengan kolam air terapi biasa, pengunjung bisa merasakan sensasi yang berbeda saat berendam di kolam ini yaitu rasa dingin sebelum terjun, namun hangat saat berendam di kolam.

Menurut informasi, kolam terapi air ini bisa dinikmati oleh orang dewasa dengan harga Rp25.000 sedangkan anak-anak hanya Rp15.000.

4. Perkebunan Teh Dayeuh Manggung

Tidak ada salahnya dengan Libur Lebaran 2018 kali ini jika anda berkunjung ke Wisata Perkebunan Teh Dayeuhmanggung di Desa Subatan, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.

Perkebunan seluas 1.190 hektare ini memiliki kebun teh yang luas dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VII Dayeuhmanggung.

Selain bisa melihat luasnya perkebunan teh, wisata ini juga mencakup desa kelas pekerja yang dialihfungsikan menjadi kawasan wisata yang dibuka untuk umum.

Desa-desa ini adalah desa komunitas sadar lingkungan (Sayangku), Dayeuhmanggung melakukan segalanya desa terbaik (Amsterdam) dan Dayeuhmanggung tamanmu indah (Jokowi).

Keunikan ketiga desa tersebut adalah sebagian dinding rumah dihiasi mural tiga dimensi yang sengaja dibuat oleh masyarakat setempat.

Menurut informasi, PTPN VIII Dayeuhmanggung sengaja menjadikan ketiga desa tersebut sebagai salah satu destinasi wisata baru pada Agustus 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper