Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pupuk Kujang Siapkan 4 Bus Besar untuk Antar Warga Mudik Gratis

PT Pupuk Kujang, akan menyiapkan empat unit bus untuk mengantar warga yang ingin pulang kampung menjelang lebaran nanti.
Bus mudik gratis Pupuk Kujang
Bus mudik gratis Pupuk Kujang

Bisnis.com, KARAWANG - PT Pupuk Kujang, akan menyiapkan empat unit bus untuk mengantar warga yang ingin pulang kampung menjelang lebaran nanti.

Ini merupakan kegiatan mudik gratis yang menjadi agenda tahunan perusahaan BUMN tersebut.

AVP Administrasi Pelaporan dan Keuangan, Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pupuk Kujang, Arief  Riyadhi menjelaskan, berbeda dari tahun sebelumnya kali ini perusahaannya menyiapkan 4 bus besar atau 200 kursi untuk mengantar pemudik ke arah Timur Jawa Barat. 

"Jumlah armada yang kita siapkan ada 4 unit. Armada gratis ini, selain menyediakan rute ke Priangan timur juga menyediakan rute ke wilayah Pantura Jawa Barat," ujar Arief dalam keterangannya, Selasa (11/4/2022).

Adapun 4 armada bus besar tersebut, disiapkan mengantar para pemudik menuju beberapa kota-kota di Jabar. Untuk rute Pertama misalnya, itu meliputi mudik gratis menuju wilayah Kabupaten Subang-Cirebon-Kuningan-Indramayu. Kemudian, untuk bus rute kedua meliputi Cileunyi-Tanjungsari-Sumedang-Kadipaten-Majalengka.

Selanjutnya, untuk bus rute tiga akan mengantar warga yang hendak mudik ke wilayah Cileunyi-Nagreg-Limbangan-Malangbong-Ciawi-Rajapolah-Ciamis-Banjar hingga Pangandaran. Terakhir atau rute ke empat, itu mudik gratis ke wilayah Cileunyi-Nagreg-Kadungora-Leles-Tarogong-Garut Kota-Cilawu-Singaparna hingga Tasik Kota.

"Kami menyelenggarakan mudik gratis ini, juga atas arahan Kementerian BUMN," kata dia.

Menuru Arief, selain membantu masyarakat untuk bisa mudik dengan aman dan nyaman, program yang diinisiasi Kementerian BUMN ini diharapkan bisa membantu mengurangi kemacetan.

Seperti diketahui, Kemenhub telah menghitung, program mudik gratis dari sejumlah instansi bisa mengurangi beban jalan pada musim mudik sebanyak 3 hingga 4 persen.

Program mudik ini merupakan upaya perusahaan untuk berkontribusi dalam mengurangi beban jalan pada musim mudik, karena  berdasarkan data Kemenhub, pemudik tahun ini diprediksi mengalami peningkatan drastis dari lebaran sebelumnya," jelas dia.

Terkait cara mendaftar mudik gratis bersama Pupuk Kujang, Arief mengatakan, masyarakat bisa melakukannya secara online. Calon peserta tinggal menyiapkan sejumah data dan mengisinya melalui link Http://bit.ly/mudikbersamakujang yang telah disiapkan. 

"Pendafarannya sudah dibuka dana akan ditutup pada tanggal 16 April 2023 mendatang. Sampai saat ini kuota masih tersedia, diusahakan daftar sebelum tanggal pendaftaran berakhir. Karena setiap tahun, animo masyarakat mengikuti mudik gratis ini selalu tinggi," pungkasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper