Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tinjau Seksi IV Tol Cisumdawu, Ridwan Kamil Pastikan Bisa Dilalui Mudik

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau kesiapan ruas jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) melayani pemudik lebaran 2023.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kanan) meninjau kesiapan ruas jalan tol Cisumdawu melayani pemudik lebaran 2023.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kanan) meninjau kesiapan ruas jalan tol Cisumdawu melayani pemudik lebaran 2023.

Bisnis.com, BANDUNG--Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau kesiapan ruas jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) melayani pemudik lebaran 2023.

Dalam peninjauannya, Senin (10/4/2023), Ridwan Kamil secara khusus melihat kesiapan seksi IV Cisumdawu yakni Cimalaka–Legok sepanjang 8,20 km. 

Sebelum menjajal ruas baru yang akan dipakai pemudik secara fungsional tersebut pihaknya mendapatkan pemaparan dari Direktur PT Citra Jabar Karya Tol Bagus Medi. 

Turut mendampingi kunjungan tersebut Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir dan Kepala Dinas Perhubungan Jabar Koswara, Kadis Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar Bambang Tirtoyuliono dan Dirlantas Polda Jabar.

Ridwan Kamil mengatakan Tol Cisumdawu dari Cileunyi hingga Kertajati akan beroperasi pada mudik lebaran nanti. Meski hanya satu jalur ke arah timur yang bisa difungsikan, menurutnya tol tersebut sudah siap.

"Jadi yang penting berita baik ya, warga Ciayumajakuning [Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan] bisa mudik tidak lewat Tol Cipali, " katanya.

Menurutnya saat ini masih ada perbaikan di seksi IV yang memungkinkan pemudik hanya bisa memakai satu jalur. Namun pihak konsorsium PT CKJT sudah berkomitmen bahwa jalan tol akan beroperasional penuh pada Mei 2023.

"Sekarang masih ada perbaikan, kalau fullnya Mei. Jadi dua arah, betul-betul dipastikan bulan Mei," tuturnya.

Gubernur dan rombongan kemudian memantau proses pekerjaan konstruksi penahan longsor di seksi IV. Di lokasi pemantauan, dirinya juga bertanya terkait fasilitas yang akan dibangun di ruas tersebut.

Rencananya pihak CKJT akan membangun rest area yang memiliki SPBU, minimarket dan fasilitas usaha bagi UMKM. 

Sebelumnya, dalam kunjungan ke Cisumdawu, Minggu (9/4/2023) Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendy  mengatakan ruas IV-VI Cisumdawu dari Cimalaka sampai ke Dawuan  akan dioperasikan terbatas sampai pukul 15.00 WIB, sore hari saat momen mudik.
 
“Tanggal 15 April 2023 nanti tol Cisumdawu seksi IV, 5V, dan VI ini sudah selesai dan secara fungsional bisa digunakan. Semoga ini dapat membantu memperlancar arus mudik, khususnya di Jawa Barat dan sekitarnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler