Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Assemblr Ciptakan Metaverse Berbasis Web, Sasar Market Edukasi dan Korporasi

Perusahaan AR asal Bandung, Assemblr sasar market komunitas dan korporasi untuk meningkatkan bisnisnya. 
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 06 Maret 2023  |  22:02 WIB
Assemblr Ciptakan Metaverse Berbasis Web, Sasar Market Edukasi dan Korporasi
Perusahaan AR asal Bandung, Assemblr sasar market komunitas dan korporasi untuk meningkatkan bisnisnya.

Bisnis.com, BANDUNG - Perusahaan AR asal Bandung, Assemblr sasar market komunitas dan korporasi untuk meningkatkan bisnisnya. 

Assemblr sendiri baru saja merilis platform metaverse berbasis web yang dinamakan Assemblr Metaverse.

Assemblr Metaverse ini berfungsi sebagai sebuah platform di mana orang-orang dapat berkumpul di dunia virtual dan berkeliling di dalamnya untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari berbisnis, belajar, meeting dengan klien atau rekan kerja, bekerja, bahkan berbagai aktivitas hiburan seperti menonton film.

“Assemblr Metaverse dapat menjadi cara masuk yang mudah untuk pengguna dalam merasakan pengalaman imersif metaverse, karena pengguna dapat mengakses hanya dengan menggunakan web browser,” ujar founder dan CEO Assemblr Hasbi Asyadiq, beberapa waktu lalu. 

Tak sampai disitu, Assemblr juga akan memperluas konten dan akses di masa yang akan datang. 

“Suatu saat, Assemblr Metaverse akan mengenalkan elemen-elemen Web3 di dalamnya, tetapi tidak untuk saat ini. Kita ingin membuat pengalaman imersif ini sesimpel dan semudah mungkin," ungkap dia. 

Menurutnya, Assemblr Metaverse sangat mudah diakses. Dengan hanya menggunakan web browser pengguna dapat mengakses dunia virtual, baik space yang tersedia untuk umum maupun space privat dan mulai berinteraksi dan beraktivitas di dalamnya. 

Selain melalui web browser, Assemblr Metaverse juga dapat diakses dengan perangkat VR seperti Oculus Quest dan semacamnya agar pengalamannya jauh lebih imersif.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi imersif, terutama dalam teknologi AR, platform metaverse sendiri memiliki pesan yang sama dengan yang telah Assemblr gaungkan sejauh ini, yaitu untuk mendemokrasikan teknologi imersif untuk semua orang.

“Untuk membangun Assemblr Metaverse ini, kita telah memiliki bahan-bahan utama, mulai dari model 3D yang sudah teroptimalisasi dan animasinya, editor yang mudah digunakan, dan aksesibilitas yang terbuka untuk berbagai platform. Dengan begitu, pengguna jadi lebih mudah untuk terjun ke dalam ekosistem Assemblr,” tambahnya.

Sambil melihat respons dari masyarakat umum ke depannya, Assemblr Metaverse juga memiliki rencana menambahkan elemen Web3 yang kemungkinan akan dirilis di tahun 2023 juga.

“Saya berharap metaverse ini dapat betul-betul digunakan oleh banyak orang untuk beragam kebutuhan dari berbagai industri. Ketika ekosistem sudah terbentuk, dan banyak aktivitas terjadi di sana, kita berharap pengguna dapat merasakan manfaat dari media baru ini," tandas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

metaverse
Editor : Ajijah

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top