Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun Jiwa Kewirausahaan, Pelajar di Bandung dan Jabodetabek Ikuti Kompetisi Bisnis

Pelajar di sejumlah Kota di Jawa Barat dan Jabodetabek mengikuti kompetisi bisnis yang diselenggarakan oleh Zurich dan Prestasi Junior Indonesia (PJI).
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Pelajar di sejumlah kota di Jawa Barat dan Jabodetabek mengikuti kompetisi bisnis yang diselenggarakan oleh Zurich dan Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Sejak 11 Februari 2023 lalu, lebih dari 350 siswa di 15 SMA dan SMK dari Bandung, Bogor, Bekasi, Jakarta, dan Tangerang memaparkan kinerja dari perusahaan siswa (student company) yang mereka dirikan dan operasikan di sekolah. 

Melalui kompetisi ini, tiga sekolah berhasil dinobatkan sebagai The Best Student Company, SMAN 1 Bandung, SMAN 5 Bogor, dan SMAN 8 Jakarta, yang akan berlaga di tingkat nasional pada bulan Maret mendatang.

Untuk diketahui, Zurich Entrepreneurship Program merupakan inisiatif edukasi kewirausahaan yang digagas Zurich Indonesia and Z Zurich Foundation bersama Prestasi Junior Indonesia di pertengahan tahun 2022.  

Program ini akan memberdayakan lebih dari 9.000 siswa SMA dan SMK di Indonesia untuk dapat menciptakan 50 bisnis baru selama tiga tahun ke depan. Dalam program ini karyawan Zurich juga terlibat dalam aktivitas mentoring dengan memberikan pengalaman bisnis. 

“Sejalan dengan tujuan Zurich untuk Mewujudkan Masa Depan yang Lebih Cerah, kami bangga melihat generasi muda dapat menciptakan bisnis baru dengan performa yang baik melalui Zurich Entrepreneurship Program. Diharapkan keterampilan yang didapatkan melalui program ini dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi generasi muda maupun masyarakat luas," kata Country Manager Zurich Indonesia Chris Bendl, Kamis (16/2/2023).

Menambahkan pernyataan Chris, Barbara Jordan, Z Zurich Foundation Engagement Manager APAC mengatakan, pihaknya mendukung Zurich Entrepreneurship Program. 

"rogram ini sejalan dengan ambisi global kami untuk memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk mengendalikan masa depan mereka dan mencapai potensi penuh mereka," ungkap Barbara.

Dewan juri dalam kompetisi bisnis ini terdiri dari pengusaha dan kalangan profesional bisnis. Pengelolaan bisnis seluruh tim yang berkompetisi hanya dalam waktu tiga bulan beroperasi, 15 bisnis baru yang diciptakan para siswa berhasil memperoleh total pendapatan hingga lebih dari Rp60 juta.

Academic Advisor and Operations Counsel PJI, Robert Gardiner menambahkan, para siswa ini menjadikan kompetisi tersebut sebagai pengalaman berharga. Meskipun demikian, para pelajar tersebut bisa menampilkan ide dan gagasan terbaik.

"Meskipun demikian, mereka mampu menghadirkan ide yang segar dan strategi yang inovatif, hingga berhasil meraih prestasi bisnis yang gemilang. Hal ini adalah bukti besarnya potensi kewirausahaan yang dimiliki generasi muda Indonesia. Kami akan terus berkolaborasi dengan Zurich untuk membekali lebih banyak generasi muda Indonesia dengan keterampilan bisnis, pengelolaan uang, dan pengetahuan kesiapan kerja,” jelasnya.

Penguatan kewirausahaan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta koperasi merupakan salah satu target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Diharapkan program ini dapat mempercepat pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper