Investasi di Karawang Sepanjang 2022 Capai Rp37,19 Triliun

Realisasi investasi yang masuk ke wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sepanjang 2022 mencapai Rp37,19 triliun atau melebihi target yang telah ditetapkan.
Salah satu sudut di kawasan industri Suryacipta, Karawang. Kawasan industri ini dikelola oleh PT Suryacipta Swadaya, anak usaha PT Surya Semesta Internusa Tbk./suryacipta.com
Salah satu sudut di kawasan industri Suryacipta, Karawang. Kawasan industri ini dikelola oleh PT Suryacipta Swadaya, anak usaha PT Surya Semesta Internusa Tbk./suryacipta.com

Bisnis.com, KARAWANG - Realisasi investasi yang masuk ke wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sepanjang 2022 mencapai Rp37,19 triliun atau melebihi target yang telah ditetapkan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karawang Eka Sanatha mengatakan pada 2022 target investasi di wilayah Karawang mencapai Rp28 triliun.

Menurut dia, dengan realisasi investasi sebesar Rp37,19 triliun berarti capaiannya mencapai 130 persen dari target yang telah ditentukan.

Untuk rincian dari capaian investasi sepanjang Januari hingga Desember 2022 ialah sebesar Rp28,85 triliun dari penanaman modal asing dan investasi penanaman modal dalam negeri Rp8,3 triliun.

Sesuai dengan catatan DPMPTSP Karawang, dari realisasi investasi tersebut telah terserap tenaga kerja sebanyak 10.495 orang.

Eka menyebutkan kalau realisasi investasi pada tahun 2022 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya atau pada 2021 yang mencapai Rp26,6 triliun.

Disebutkan, investasi penanaman modal asing paling banyak saat ini di antaranya dari Tiongkok, Jepang, Singapura, dan Korea Selatan.

Sedangkan untuk sektor yang paling banyak masuk investasinya ke Karawang ialah dari sektor transportasi, gudang dan komunikasi. Kemudian investasi perumahan, kawasan industri dan perkantoran.

Ia mengatakan, meningkatnya investasi di Karawang itu dipengaruhi oleh berbagai faktor. Di antaranya karena mulai bangkitnya perekeonomian Indonesia setelah pandemi Covid-19.

Selain itu, Karawang memiliki banyak penunjang untuk mendukung investasi seperti adanya kawasan industri dan fasilitas penunjang infrastruktur lainnya.

“Ditambah lagi Karawang akan dijadikan salah satu tempat pemberhentian kereta cepat yang sedang dibangun oleh pemerintah,” katanya, Jumat (27/1/2023).

Eka berharap peningkatan investasi di Karawang akan terus tumbuh menyusul terus ditingkatkannya pelayanan perizinan di Karawang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper