Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permasalahan Limbah Batu Alam di Kabupaten Cirebon Belum Tuntas

Upaya mengentaskan permasalahan limbah batu alam sebenarnya sudah dilaksanakan belasan tahun lalu.
Pemrosesan batu alam di Kabupaten Cirebon
Pemrosesan batu alam di Kabupaten Cirebon

Bisnis.com, CIREBON - Pencemaran aliran sungai akibat pengolahan limbah batu alam di Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, masih terjadi hingga saat ini.

Perlu langkah ekstra dari pemerintah untuk menangani permasalahan tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon Iwan Ridwan Hardiawan mengatakan upaya mengentaskan permasalahan limbah batu alam sebenarnya sudah dilaksanakan belasan tahun lalu.

Belasan tahun lalu, pemerintah sudah menyediakan 4,8 hektare lahan untuk relokasi tempat usaha industri batu alam. Namun, terkendala permasalahan teknis, pelaksanaan tersebut urung terjadi.

“Proses relokasi atau menggiring itu pengusaha yang sudah nyaman tidak mudah. Harus ada proses pendekatan,” kata Iwan di Kabupaten Cirebon, Selasa (24/1/2023).

Permasalahan pencemaran limbah batu alam di sungai, bukan hanya dari Kabupaten Cirebon, melainkan Kabupaten Majalengka.

Menurut Iwan, pemerintah provinsi harus turun tangan mengatasi permasalahan pencemaran tersebut. Hal ini dilakukan agar paparan limbah batu alam tidak semakin meluas.

“Dampak limbah batu alam mengubah kualitas air,” katanya.

Pada 2018, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) bagi masyarakat yang tinggal di lingkungan industri pengolahan batu alam.

IPAL dan Rumah Produksi Pemanfaatan Limbah tersebut diserahterimakan kepada masyarakat sekitar, sebagai penerima manfaat langsung dari pembangunan IPAL.

Fasilitas tersebut dapat mengolah air limbah hasil dari pabrik penggergajian batu alam, menjadi bata ringan, sehingga tidak hanya menurunkan beban pencemaran air, namun juga memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper