Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ridwan Kamil Ajak Ulama di Jabar Dukung Kondusivitas Tahun Politik

Menyambut tahun politik, Gubernur Ridwan Kamil mengimbau agar ulama ikut menyebarkan semangat berpolitik dengan bijak dan sejuk.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 22 Januari 2023  |  17:45 WIB
Ridwan Kamil Ajak Ulama di Jabar Dukung Kondusivitas Tahun Politik
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Menyambut tahun politik, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau agar ulama ikut menyebarkan semangat berpolitik dengan bijak dan sejuk.

"Saya mengimbau masuk tahun politik saat ini Jawa Barat lancar dan aman. Di WA group , sebarkan semangat berpolitik yang bijak dan sejuk. Jangan ribut karena siapa yang jadi presiden dan gubernur sudah tertulis di lauhulmahfuz. Nah gimana jemputnya, jemputlah dengan fastabiqul khairat, berlomba-lomba dalam kebaikan," kata Ridwan Kamil, Minggu (21/1/2023).

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menjelaskan pula mengenai proses panjang pembangunan Masjid Raya Al Jabar.

Ia mengungkapkan, dengan hadirnya masjid raya milik provinsi ini, pihaknya akan mengembalikan Masjid Raya Bandung Provinsi Jabar menjadi Masjid Agung Bandung seperti sedia kala.

"Idenya saat (saya) jadi Wali Kota Bandung tahun 2016 dan menyampaikan soal kebutuhan Provinsi punya masjid raya sendiri karena selama ini nebeng ke Masjid Agung Bandung. Makanya Masjid Agung Bandung diubah namanya menjadi Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat," ujarnya.

Ia menuturkan terdapat urutan penamaan masjid yang dikelola pemerintah. Dimulai masjid negara milik pemerintah pusat, yakni Masjid Istiqlal.

Masjid yang dikelola provinsi disebut masjid raya, pemerintah kota dan kabupaten mengelola masjid agung, tingkat kecamatan disebut masjid besar, dan di tingkat desa adalah masjid jami. 

"Jadi Masjid Agung Bandung akan saya kembalikan ke maqom-nya," ungkap Kang Emil.

Masjid Raya Al Jabar dikelola oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM). Pengurus DKM Al Jabar diisi langsung dari Pemda Provunsi Jabar, yang diketuai oleh Gubernur  Ridwan Kamil.

Kemudian secara ex officio Wakil Ketua DKM Al Jabar diisi oleh Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum. Sedangkan Ketua Harian dijabat oleh Sekretaris Daerah Jabar Setiawan Wangsaatmadja.

"Pengurus DKM-nya, yaitu perwakilan 27 aktivis muslim dari 27 kabupaten/kota," tutur Ridwan Kamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ridwan kamil
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top