Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tito Karnavian Dorong IPDN Cetak Birokrat Berkualitas

Tito Karnavian menilai perlu adanya peningkatan kualitas birokrat dengan dimulai dari lingkungan pendidikan, yakni di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 10 Januari 2023  |  16:22 WIB
Tito Karnavian Dorong IPDN Cetak Birokrat Berkualitas
Mendagri Tito Karnavian (kanan) usai meresmikan Gedung Perpustakaan baru, di Kampus IPDN, Selasa (10/1 - 2023).
Bagikan

Bisnis.com, SUMEDANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian menilai perlu adanya peningkatan kualitas birokrat dengan dimulai dari lingkungan pendidikan, yakni di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Tito menyebut, untuk meningkatkan lulusan birokrat yang kompeten, perlu adanya dorongan perbaikan infrastruktur, kurikulum hingga karakter.

"Mendidik para birokrat ilmu Pemerintahan, ini bisa menjadi etalase, role model dan pusat membutuhkan para birokrat yang bagus, salah satunya harus diperbaiki secara fisik, di samping kurikulum, karakter dll," ungkap Tito, usai meresmikan Gedung Perpustakaan baru, di Kampus IPDN, Selasa (10/1/2023).

Ia pun berterimakasih kepada Rektor IPDN Hadi Prabowo yang sudah menjalankan instruksinya untuk meningkatkan sarana prasarana di kampus kedinasan terbesar tersebut.

"Apresiasi kepada Rektor IPDN yang telah melakukan renovasi gedung menza dan gedung balairung rudini," ungkapnya.

Sementara itu, Hadi menyebut saat ini IPDN terus bertransformasi menuju world class university.

Salah satu langkah yang dilakukan dalam mencapainya ialah dengan dibangunnya gedung perpustakaan milenial dan juga renovasi gedung menza dan gedung balairung rudini yang ada di lingkungan IPDN kampus Jatinangor.

Menurutnya, gagasan renovasi gedung menza, gedung balairung dicetuskan oleh Mendagri langsung pada saat meninjau kampus IPDN pada tahun 2020 dengan harapan memberikan kenyaman, kebanggaan dan kewibawaan bagi praja dan lembaga.

"Lalu untuk menunjang transformasi IPDN menuju world class university, kami membuat Gedung perpustakaan berbasis digital bekerja sama dengan perpusnas", tutur Hadi.

Gedung perpustakaan IPDN yang baru diresmikan ini tidak hanya dilengkapi dengan perpustakaan berbasis digital, tapi juga dilengkapi dengan fasilitas laboratorium bahasa, media center untuk memfasilitasi rekan-rekan pers yang meliput informasi terkait IPDN, co-working space area, kantor Bank Negara Indonesia (BNI), kantor Bank Jabar Banten dan beberapa space untuk praja berdiskusi dan membaca.

Selain peresmian gedung perpustakaan, kehadiran Mendagri juga untuk menyaksikan penganugerahan kartika pamong praja madya yang diberikan oleh IPDN kepada Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru. Dia hadir di IPDN sekaligus memberikan bantuan berupa 2 unit bus untuk kendaraan operasional praja IPDN.

"Penyerahan bantuan ini merupakan bentuk dukungan yang nyata dari pemerintahan Sumatera Selatan untuk IPDN. Bantuan ini bukan hanya simbol namun didalamnya ada harapan besar kepada para generasi baru lulusan IPDN akan menjadi yang terbaik dan mampu menjalani birokrasi dan melayani masyarakat," ujar Herman. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tito Karnavian ipdn
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top