Bertandang ke Cirebon, SBY Pamerkan Lukisan Gunung Ciremai

Lukisan hasil tangan terampil SBY ini dipajang di salah satu satu ruang pertemuan Hotel Aston, Jalan Brigjen Dharsono, Kabupaten Cirebon.
SBY memamerkan lukisan Gunung Ciremai.
SBY memamerkan lukisan Gunung Ciremai.

Bisnis.com, CIREBON - Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertandang ke Cirebon, Jawa Barat, Senin (2/1/2023). Kedatangan orang nomor 1 tanah air periode 2004-2014 ini berbeda dengan sebelumnya.

Kedatangannya di Kota Udang kali ini, SBY memamerkan lukisan Gunung Ciremai. Gunung tersebut merupakan puncak tertinggi yang di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Pantauan Bisnis.com, lukisan hasil tangan terampil SBY ini dipajang di salah satu satu ruang pertemuan Hotel Aston, Jalan Brigjen Dharsono, Kabupaten Cirebon.

Digambar di atas kanvas berukuran 30x40 sentimeter,Lukisan tersebut menampilkan potret Gunung Ciremai dari arah Kabupaten Cirebon.

Didominasi warna gelap, lukisan tersebut menggambarkan suasana Gunung Ciremai di tengah kondisi awan hitam menggelayut.

SBY mengatakan, potret lukisan tersebut ia ambil setelah menyelesaikan ibadah salat subuh. Dengan waktu singkat 75 menit, tangan terampil Kepala Staf Teritorial ABRI (1998–1999) bisa menyelesaikan karya itu.

“Saya melukis habis sholat subuh, akan tetapi pas melihat dari balik kaca jendela keadaan masih cukup gelap sehingga tepat pukul 05.30 akhirnya bisa melukis dengan suasana Gunung Ciremai yang indah," kata SBY.

Dikatakan SBY, hobi melukis ia lakoni sejak kepulangan mendiang istri, Kristiani Herrawati atau dikenal dengan nama Ani Yudhoyono.

Baginya, melukis menjadi pelipur lara untuk menghilangkan kesedihan mendalam pascaditinggalkan orang tercinta.

“Melukis membawa ketenangan dan keteduhan dalam hidup. Kalau ke wilayah lain, saya menyempatkan untuk melukis, bahkan sampai saat di luar negeri saya juga tetap melukis, karena melukis hidup saya menjadi tenang dan nyaman," kata SBY.

Tidak hanya melukis, SBY pun memiliki hobi lainnya, di antaranya, menulis buku dan esai; menulis lagu, dan bermusik. Semuanya dilakukan untuk memastikan tetap bertahan di tengah kondisi kehilangan istri.

Selain itu, kata SBY, ia juga membentuk tim voli profesional bernama LavAni. Klub tersebut bertengger di Proliga,
kasta tertinggi dalam kompetisi bola voli di Indonesia.

Pada debut 2022, LavAni meraih gelar juara Proliga untuk pertama kalinya setelah mengalahkan Surabaya Bhayangkara Samator di babak final “LavAni adalah kecintaan saya terhadap istri yang memiliki arti Love Ani,” kata SBY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper