WJDSIF 2022: Wali Kota Medan Bobby Nasution Ingin Kolaborasi dengan Sumedang soal SPBE

Menurut Bobby, apa yang disampaikan oleh Bupati Sumedang menjadi sebuah inspirasi bagi daerah-daerah lain di Indonesia.
Wali Kota Medan Bobby Nasution/Antara
Wali Kota Medan Bobby Nasution/Antara

Bisnis.com, SUMEDANG - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengapresiasi acara West Java Digital Services International Festival 2022 yang digelar oleh Pemkab Sumedang, di Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Menurutnya, acara tersebut sangat inspiratif untuk sharing dan belajar bersama Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Saya sangat mengapresiasi ketika Bupati Sumedang menyampaikan terkait pemanfaatan digital [dalam pemerintahan]. Bagi Kabupaten/Kota yang berminat ini bisa langsung di aplikasikan di daerah masing-masing," ucapnya.

Menurut Bobby, apa yang disampaikan oleh Bupati Sumedang menjadi sebuah inspirasi bagi daerah-daerah lain di Indonesia yang kemudian bisa men-digitalisasi program pemerintahan di masing-masing daerah.

"Digitalisasi pada tiap-tiap pemerintahan daerah itu sebenarnya sudah ada. Namun saat ini kita belajar dari Kabupaten Sumedang untuk mengintegrasikannya," ungkapnya.

Dikatakan Bobby, setiap dinas dan sektor terkadang mempunyai ego masing-masing sehingga digitalisasi berjalan tanpa ada integrasi.

"Jadi kita juga belajar dari Sumedang, bagaimana menghilangkan ego sektoralnya. Yang kita bisa bawa pulang dari acara ini adalah bagaimana mengintegrasikan semua layanan yang ada di daerah kita dengan cara digital dan terintegrasi," tuturnya.

Bobby juga menilai Pemkab Sumedang sangat luar biasa dalam melayani masyarakatnya dengan melihat perkembangan jaman.

"Pemkab Sumedang ini sangat luar biasa dalam memberikan kemudahan melalui era digital dengan memanfaatkan perkembangan zaman untuk layanan masyarakat," ucapnya.

Bobby berharap Pemkot Medan dan Pemkab Sumedang bisa berkolaborasi dan bertukar pikiran terkait apa-apa saja yang bisa dikolaborasikan untuk kepentingan masyarakat.

"Selain itu kami juga bisa melihat potensi-potensi apa saja yang ada di Sumedang untuk kami kembangkan di daerah kami," katanya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper