Luhut Minta Kepala Daerah Contoh Sumedang dan Gabung Digital Services Living Lab

Menurut Luhut, apa yang dilakukan oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir sangat baik, terutama dalam digitalisasi stunting. 
Menko Luhut Binsar Pandjaitan di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali pada Minggu (13/11/2022). Bisnis-Khadijah Shahnaz.
Menko Luhut Binsar Pandjaitan di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali pada Minggu (13/11/2022). Bisnis-Khadijah Shahnaz.

Bisnis.com, SUMEDANG - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepada para bupati dan wali kota agar bisa mencontoh Kabupaten Sumedang yang menurutnya telah berhasil dalam transformasi digital. 

Hal itu ia ungkapkan secara Daring di hadapan 62 Kepala Daerah piloting yang sedang mengikuti Indonesia Digital Services Living Lab Summit 2022 di Kampus United in Diversity (UID) Bali. 

"Saya harap para Bupati yang hadir dapat mencontoh Sumedang. Karena menurut saya, Kabupaten Sumedang itu bagus (dalam tansformasi digital)," katanya. 

Menurut Luhut, apa yang dilakukan oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir sangat baik, terutama dalam digitalisasi stunting. 

"Kepala Daerah melakukan monitoring. Contohnya kemiskinan. Saya harap anda anda bisa menjadi tokoh yang hebat seperti Kabupaten Sumedang. Tidak ada salahnya kita mencontoh sesuatu yang baik," katanya. 

Ia pun secara blak-blakan mengaku senang dengan kepemimpinan Bupati Sumedang yang sudah memberikan contoh pada saat briefing menjelang persiapan G20. 

"Saya senang dengan Bupati Sumedang, tapi pada saat itu saya tidak bisa datang ke Sumedang. Namun akan saya pastikan segera datang ke Sumedang untuk dijadikan model," tuturnya. 

Oleh karena itu, ia pun meminta agar semua daerah yang pernah studi banding tentang digitalisasi ke Sumedang agar menindaklanjutinya dengan bergabung ke dalam platform  Indonesia Digital Services Living Lab yang digagas oleh Pemda Kabupaten Sumedang. 

"Kita belajar bersama-sama untuk melakukan transformasi digital dengan benchmarking lewat aplikasi Sumedang," tuturnya. 

Kerja sama di antara para kepala daerah tersebut lanjut Luhut, akan menjadikan Indonesia sebagai sorotan dunia dalam digitalisasi. 

"Kalau kita bahu-membahu bekerja sama dalam tim Insyaallah kita  tidak akan lama mencapai sesuatu dan pasti baik," ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut Bupati Sumedang mengungkapkan kebahagiaanya karena platform kolaboratif yang digagas Kabupaten Sumedang disambut baik oleh para Kepala Daerah.

"Melalui platform Indonesia Digital Services Living Lab, Kabupaten/Kota piloting akan berbagi pengalaman untuk melompatkan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Alhamdulillah para Kepala Daerah menyambutnya dengan baik," ucap Dony.

Bukan hanya disambut 62 Kabupaten/Kota piloting, platform terabut juga didukung penuh Kemenko Marves, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian PANRB. 

"Terima kasih kepada Pak Menko, Pak Menpan dan Pak Mendagri yang telah memberikan dukungan penuh. Bahkan memberikan arahan, motivasi dan inspirasi pada acara living lab summit di Bali ini. Saatnya kita berkolaborasi membangun negeri," pungkas Dony. (K34) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper