Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Restoran di Cirebon yang Wajib Didatangi, Harganya Gak Bikin Kantong Jebol

Saat berlibur di Cirebon, selain mengunjungi Keraton Kasepuhan atau Makam Sunan Gunung Jati, Anda bisa memanjakan perut dengan kuliner khas dari Kota Wali.
Nasi Jamblang Tulen
Nasi Jamblang Tulen

Bisnis.com, CIREBON - Cirebon selalu menarik minat wisatawan baik domestik atau mancanegara untuk berkunjung. Daerah di timur Jawa Barat ini menyimpan banyak suguhan kepada siapapun yang bertandang.

Saat berlibur di Cirebon, selain mengunjungi Keraton Kasepuhan atau Makam Sunan Gunung Jati, tentunya Anda bisa memanjakan perut dengan kuliner khas dari Kota Wali (Cirebon).

Ragam kuliner yang harus dicicipi di antaranya, nasi jamblang, empal gentong, dan nasi lengko.

Bagi Anda yang berencana menghabiskan waktu pada akhir pekan di Cirebon, tiga restoran ini bisa datangi dan rasakan menu andalannya:

1. Empal Gentong Haji Apud

Empal Gentong Haji Apud adalah salah satu restoran paling dikenal di Cirebon dan tentunya sudah melegenda.

Kuliner empal gentong merupakan makanan serupa soto yang dimasak menggunakan gentong di atas kayu bakar. Di dalamnya, terdapat potongan daging, kikil, hingga jeroan.

Restoran Haji Apud sendiri berpusat di Jalan Ir H Juanda, Desa Battembat, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

Sementara, dua cabang lainnya berada di Komplek Sentra Batik Trusmi, Jalan Otto Iskandar Dinata, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon dan Jalan Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon.

Untuk menikmati satu porsi empal gentong, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam lantaran setiap porsinya hanya Rp25.000.

Selain empal gentong, di restoran ini juga menyajikan menu lainnya, mulai dari empal asem, tahu gejrot, sate kambing, dan es kelapa sirop tjampolay.

2. Nasi Jamblang Tulen

Rekomendasi restoran kedua yang harus dikunjungi adalah Nasi Jamblang Tulen di Depan Pasar Jamblang, Desa Kasugengan Lor, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon.

Nasi Jamblang merupakan nasi dengan porsi seukuran kepalan tangan yang dibungkus menggunakan daun jati.

Menu khas yang ada di Nasi Jamblang Tulen ini di antaranya, sayur tahu, paru, semur daging, tempe goreng, ikan asin, perkedel, telur dadar/ceplok, dan semur hati.

Selain menu di atas, ada pula balakutak atau cumi berukuran besar yang dimasak dengan tinta hitam dari hewan laut tersebut.

Untuk setiap menu, dijual mulai harga Rp2.000.

Diketahui pula, Nasi Jamblang Tulen merupakan yang pertama di Cirebon sejak era kolonial Belanda. Konon, nasi jamblang disajikan untuk para pekerja di pabrik gula Jamblang serta pekerja paksa.

3. Nasi Lengko Haji Barno

Rekomendasi restoran pilihan yang harus kalian dikunjugi adalah Nasi Lengko Haji Barno di Jalan Pagongan, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

Nasi lengko adalah perpaduan nasi dengan campuran saus kacang, tempe, tahu, tauge, kucai, dan timun. Sekilas sederhana, menu tersebut selalu menjadi pilihan masyarakat lokal, terutama waktu sarapan pagi.

Untuk setiap porsinya, nasi lengko dijual dengan harga mulai Rp10.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler