Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Kuliner Kembali Bangkit Pascapandemi, Bumi Aki Hadir di Bandung

Bisnis kuliner khususnya menu khas Sunda di Bandung kembali bangkit dan bergeliat pascapandemi.
Peluncuran Restoran Sunda Bumi Aki
Peluncuran Restoran Sunda Bumi Aki

Bisnis.com, BANDUNG - Bisnis kuliner khususnya menu khas Sunda di Bandung kembali bangkit dan bergeliat pascapandemi. Para pelaku usaha optimistis penjualan makanan akan meningkat lagi seiring pelonggaran peraturan makan di tempat.

Owner Restoran Sunda Bumi Aki Anisha Desiliana Resti mengatakan bisnis kuliner merupakan sektor yang paling terdampak saat pandemi karena sangat mengandalkan penjualan dari para pengunjung tempat makan. Meski ada layanan pengiriman makanan secara online, namun hanya bersifat membantu tanpa mampu mengembalikan penjualan 100 persen.

"Pada awal pandemi, bisnis F&B (Food and Beverages) mengalami penurunan demand bahkan off karena sangat mengedepankan mobilitas masyarakat," ujarnya saat soft launching Bumi Aki Heritage Bandung, Kamis (17/11/2022).

Namun kini, kata dia, bisnis kuliner merupakan sektor yang paling lebih dulu bangkit di masa pascapandemi dibandingkan sektor bisnis lainnya karena masyarakat bisa lebih leluasa untuk makan di tempat.

Kebangkitan bisnis kuliner terlihat dari banyak bermunculannya restoran/tempat makan baru khususnya di Bandung yang merupakan tujuan wisata.

"Bisnis kuliner menunjukkan tren peningkatan meski tergolong bisnis yang hyper kompetitif karena pasarnya masih sangat luas," kata dia.

Anisha bersama Faizah Nahdi berani membuka cabang baru melalui Bumi Aki Heritage di Jalan Riau Kota Bandung dengan mengandalkan menu-menu khas sunda yang autentik serta pengalaman yang berbeda.

Menu makanan yang ditawarkan kepada para pengunjung berdasarkan hasil riset selama setahun mengelilingi berbagai daerah di Jawa Barat.

Selain itu, Bumi Aki Heritage juga berkolaborasi dengan Chef Devina dan berhasil melahirkan 5 sajian kuliner berkualitas khas Sunda, yakni Iga Bakar Madu, Ketan Bakar Platter, Ayam Baby Liwet Ketan, dan Udang Sambal Raos.

"Kami ingin mendorong kuliner khas Sunda yang berkualitas bisa naik level dan menjadi trendsetter hingga ke dunia internasional melalui pengemasan atau penyajian yang menarik," kata Anisha.

Sementara itu, Chef Devina menuturkan saat ini sedang mendalami masakan nusantara meski dihadapkan dengan ketersediaan literatur makanan Indonesia yang terbatas.

Perempuan penulis buku kuliner serta youtuber ini sangat menyukai masakan sunda yang dikenal sederhana namun tetap lezat. menjelaskan kuliner khas Jawa Barat dikenal menggunakan bahan baku sederhana demi melahirkan rasa masakan yang segar.

"Masakan Sunda sangat unik dan berbeda dengan yang lain. Proses pembuatannya lebih simpel namun banyak yang suka," kata dia.

Devina berharap menu-menu makanan dan minuman di Bumi Aki Heritage bisa memberikan kebahagian serta pengalaman yang berbeda kepada para pengunjung. (K34) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper