Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Teknologi Tepat Guna Bisa Tingkatkan Produktivitas Masyarakat Desa

Pengembangan dan penggunaan teknologi tepat guna merupakan pencapaian tujuan SDGs Desa ke-9 yaitu, infrastruktur dan inovasi sesuai kebutuhan.
Kim Baihaqi
Kim Baihaqi - Bisnis.com 20 Oktober 2022  |  13:34 WIB
Teknologi Tepat Guna Bisa Tingkatkan Produktivitas Masyarakat Desa
Gelar Teknologi Tepat Guna XXIII 2022 Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. - Ist
Bagikan

Bisnis.com, CIREBON - Inovator desa dari sejumlah wilayah tanah air masih berkumpul di Hotel Aston, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dalam Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara Ke XXIII 2022, Kamis (20/10/2022).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyebutkan, inovator yang berkumpul di Cirebon menghadirkan teknologi tepat guna bagi peningkatan produktivitas warga desa.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Halim ini, pengembangan dan penggunaan teknologi tepat guna merupakan pencapaian tujuan SDGs Desa ke-9 yaitu, infrastruktur dan inovasi sesuai kebutuhan.

Sejak 2015 hingga 2022, peralatan teknologi tepat guna (TTG) di desa untuk bidang pertanian sebanyak 909.900 alat, peternakan 653.908 alat, dan perikanan 450.466 alat.

"Adanya teknologi tepat guna tersebut, desa-desa melaporkan telah berhasil meningkatkan produktivitas sektor ekonomi pertanian, perikanan, dan peternakan," kata Gus Halim di Gelar Teknologi Tepat Guna XXIII 2022, Rabu (19/10/2022).

Halim mengatakan, berdasarkan UU No.6 tahun 2014, kepala desa dalam menjalankan tugas pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, harus manfaatkan teknologi tepat guna.

Pengembangan dan penggunaan teknologi tepat guna, harus dipertimbangkan sesuai prioritas dan musyawarah desa.

"Pembangunan pembangunan kawasan perdesaan, salah satunya harus ditempuh dengan pengembangan dan penggunaan teknologi tepat guna. Hal ini sesuai Pasal 83 ayat 3," kata Gus Halim

Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara kembali digelar. Event tersebutmenampilkan teknologi tepat guna dari desa terbaik masing-masing provinsi.

Kegiatan ini dilombakan berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

Kegiatan ini diikuti oleh 52 inventor yang terdiri dari Inovasi TTG dengan peserta sebanyak 20 inovator, TTG Unggulan dengan peserta sebanyak 19 inovator, dan Posyantek Desa Berprestasi sebanyak 13 Posyantek.

Pemenang untuk Lomba Inovasi TTG yaitu Gede Suardita dari Bali dengan penemuan fertigasu berbasis Internet of Things (IoT).

Sedangkan pemenang Lomba TTG Unggulan yakni Heri Irawan dari Lampung dengan penemuan mesin penepung dan pencacah serba guna.

Sementara pemenang Lomba Posyantek Desa Berprestasi diraih Posyantek Mandiri Jaya Desa Balingbing, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon teknologi tepat guna Kemendes-Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top