Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berkah Kompetisi JRRC Dorong Kampung Patrol Jadi Desa Wisata

Kampung Patrol Desa Dangdeur Kabupaten Garut mendapat berkah dengan digelarnya kompetisi JQR River Rescue Challenge (JRRC) di Sungai Cimanuk.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 04 Oktober 2022  |  13:19 WIB
Berkah Kompetisi JRRC Dorong Kampung Patrol Jadi Desa Wisata
Kompetisi JQR River Rescue Challenge (JRRC) di Sungai Cimanuk pada 30 September / 2 Oktober 2022.
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Kampung Patrol Desa Dangdeur Kabupaten Garut mendapat berkah dengan digelarnya kompetisi JQR River Rescue Challenge (JRRC) di Sungai Cimanuk pada 30 September - 2 Oktober 2022.

Warga Kampung Patrol memanfaatkannya untuk mengais rezeki di kegiatan kompetisi JRRC ini, salah satunya pedagang itu bernama Emak Ros, dirinya mengaku mendapatkan keuntungan adanya kegiatan kompetisi di kampung tersebut.

Ia mengungkapkan hasil dagangannya itu bertambah dari sisi pendapatan, yang berbeda sebelum adanya kompetisi tersebut.

"Alhamdulillah rame jualannya, berbeda dengan hari hari sebelum adanya lomba ini," ungkap Emak Ros dalam rilis yang diterima Bisnis, Selasa (4/10/2022).

Emak Ros juga mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang telah mengadakan kompetisi River Rescue pertama di Indonesia itu di kampung tempat tinggalnya.

Sementara itu, Enjang Sukandar, 56, warga Kampung Patrol merasa bangga bahwa di tempat tinggalnya itu diadakan kompetisi se Indonesia, menurutnya perlombaan baru pertama kali diadakan di wilayahnya tersebut.

"Ya rame pisan, emang Sungai Cimanuk suka lihat banyak kegiatan, tapi ini mah beda, rame pisan, saya denger juga kan ini event pertama di Indonesia, " ungkap Enjang.

Enjang mengaku adanya kompetisi JRRC berdampak pada pembangunan fasilitas yang bisa digunakan warga setempat seperti akses jalan sudah dibangun.

"Di sini juga banyak pembangunan baru, kaya jalan baru dibangun, terus ada bale juga yang bisa digunakan warga setempat di sini, pokoknya positif," ungkapnya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Kampung Patrol Deni Hermansyah mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Jabar Quick Response yang telah mempercayai daerahnya menjadi tuan rumah acara kompetisi River Rescue.

Menurut Deni, acara ini berdampak positif dikarenakan para pemuda di sini dilibatkan dalam acara ini. "Kurang lebih ada 25 orang dari warga sini, hal itu membanggakan terima kasih kepada penyelenggara," ujar Deni.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bandung Jumaril mengatakan sungai bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal. Manfaat sungai di antaranya bisa digunakan untuk olahraga, pariwisata, konservasi dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

“Terkait pariwisata tentunya yang menaungi kementerian pariwisata atau dinas pariwisata di daerahnya,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana JRRC Sandi Prisma Putra optimistis pelaksanaan kompetisi JRRC di Kampung Patrol Desa Dangdeur Kabupaten Garut ikut mendorong perkembangan desa secara berkelanjutan dan mendongkrak ekonomi masyarakat setempat.

Sandi menyampaikan, ke depannya setelah kompetisi JRRC ini, kampung Patrol berpotensi menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Garut, dengan nilai jual wisata olahraga arung jeram Sungai Cimanuk ini.

"salah satu tujuan dilaksanakan JRRC bukan sekedar berorientasi pada kompetisi, tapi beorientasi juga kepada peningkatan ekonomi warga setempat. Adanya kegiatan ini, banyak sekali dimanfaatkan warga sekitar untuk berdagang disini," ujar Sandi.

Lanjut Sandi, tujuan pelaksanaan JRRC bukan hanya menggelar kompetisi saja, tujuan lain itu diantaranya pembinaan potensi SAR, ciptakan SOP kegiatan di arus deras, kesadaran lingkungan dan terakhir yakni pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Sandi pun mengapresiasi warga Kampung Patrol dalam menyukseskan kompetisi tersebut. Bahkan, pihak panitia dan warga bekerja sama selama 4 hari penyelenggaraan acara berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar DESA WISATA
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top