Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Strategi Disnaker Purwakarta Mengikis Angka Pengangguran

Kepala Disnakertrans Purwakarta Didi Garnadi menuturkan selama ini jajarannya diberi tanggung jawab untuk membantu memfasilitasi warga yang belum bekerja.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 27 September 2022  |  14:23 WIB
Begini Strategi Disnaker Purwakarta Mengikis Angka Pengangguran
Aktivitas karyawan di pabrik karoseri truk di kawasan industri Bukit Indah City, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (13/2). - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, PURWAKARTA - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Purwakarta meluncurkan program Skill Development Center (SDC) sebagai bagian dari upaya peningkatan skill masyarakat sesuai yang dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Purwakarta Didi Garnadi menuturkan selama ini jajarannya diberi tanggung jawab untuk membantu memfasilitasi warga yang belum bekerja. Terutama, warga usia produktif tapi tidak punya keterampilan atau pekerjaan.

"Selama ini, kita bantu masyarakat dengan beragam pelatihan. Tujuannya, supaya mereka bisa tetap produktif dan menjadi pekerja mandiri," ujar Didi kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).

Didi menjelaskan program SDC bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan industri, mengembangkan program pelatihan dan magang, serta memfasilitasi sertifikasi dan penempatan tenaga kerja.

Dalam program SDC, kata dia, ada beberapa unsur yang terlibat. Yakni, akademis, dunia usaha atau industri dan dari unsur pemerintah sendiri. Program SDC ini, juga menjadi peluang untuk meningkatkan hubungan kerja antara pencari kerja (pencaker) dengan pelaku usaha atau industri.

Menurutnya, selain untuk menciptakan tenaga kerja berkualitas, program SDC ini juga menjadi solusi untuk menekan tingkat pengangguran serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Program ini, bisa cukup efektif untuk meminimalisasi angka pengangguran di kita," tambah dia.

Terkait angka pengangguran di wilayahnya, tambah dia, merujuk pada data BPS tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Purwakarta pada tahun 2021 mencapai angka 10,70 persen atau lebih rendah dari tahun 2020 yang mencapai 11,07 persen.

"Dengan program SDC ini, kami yakin dapat menekan kembali tingkat pengangguran hingga di bawah angka 10 persen," pungkasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purwakarta pengangguran
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top