Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program Pentahelix Citarum Harum Dinilai Tunjukkan Hasil Signifikan

Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum terus mengobarkan semangat kolaborasi demi menjaga Sungai Citarum.
Kegiatan Jambore Pentahelix (Jampe) Citarum Harum Juara segmen tengah di Taman Agro Edukasi Sektor 11, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Rabu (14/9/2022).
Kegiatan Jambore Pentahelix (Jampe) Citarum Harum Juara segmen tengah di Taman Agro Edukasi Sektor 11, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Rabu (14/9/2022).

Bisnis.com, CIANJUR - Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum terus mengobarkan semangat kolaborasi demi menjaga Sungai Citarum.

Kali ini melalui kegiatan Jambore Pentahelix (Jampe) Citarum Harum Juara segmen tengah di Taman Agro Edukasi Sektor 11, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Rabu (14/9/2022).

Gelaran Jampe ini merupakan kali kedua setelah kegiatan perdana pada segmen hilir digelar di Taman Edukasi Sektor 20, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Rabu (20/7/2022) lalu.

Seluruh elemen pentahelix hadir mulai dari perwakilan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemkab Cianjur, Sukabumi, Bandung Barat, Purwakarta, BBWS, TNI, Polri, dunia usaha, akademisi, komunitas dan media.

Sejumlah kegiatan memeriahkan kegiatan Jampe tersebut. Di antaranya penanaman bibit pohon, penebaran benih ikan, bazar UMKM, talkshow NGONCI atau Ngobrolin Citarum, pembentukan formatur komite DAS segmen tengah, menggambar, mewarnai, susur sungai dan lomba.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui Asisten Administrasi Umum Setda Jabar Ferry Sofwan Arif menyampaikan, capaian ultimate goal yaitu indeks kualitas air sebesar 50,13 poin atau pada kondisi cemar ringan pada tahun 2021.

“Secara kasat mata terlihat perubahan-perubahan yang mencolok. Sudah jarang terlihat ada onggokan sampah di aliran Sungai Citarum. Pembuangan limbah industri tanpa pengolahan terlebih dahulu juga telah dengan cepat dapat diketahui dari perubahan warna maupun bau sehingga dapat segera diatasi,” kata Ferry menyampaikan amanah gubernur.

Ridwan Kamil mengatakan, peran TNI yang terbagi menjadi 23 sektor di sepanjang Sungai Citarum menjadi faktor penting dalam pencapaian peningkatan kualitas air Citarum. TNI bahu membahu bersama masyarakat, komunitas serta aparat.

“Walaupun begitu, kita memahami masih terdapat banyak hal yang belum memenuhi harapan semua pihak dan masih harus ditingkatkan,” ujarnya.

Asisten Deputi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Konservasi Sumber Daya Air Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Mochamad Saleh Nugrahadi menilai, keberhasilan Satgas Citarum Harum sangat luar biasa.

Konsep pentahelix yang melibatkan 5 unsur dan TNI dinilai telah berhasil.

Saleh menceritakan sempat tinggal di Jepang pada tahun 2001-2004 dan sering melewati sungai-sungai di sana. Ia kagum karena tidak pernah melihat sampah, airnya jernih, bahkan ikannya juga banyak.

Keberhasilan Jepang, kata dia, disebabkan menerapkan konsep pentahelix. Di mana pada tahun 2000-an, industri di Negeri Sakura tersebut sedang maju-majunya. Ia menyebut, aktivitas industri berpengaruh besar terhadap lingkungan. Sehingga, mereka melibatkan semua stakeholder dalam penanganan sungai.

“Butuh 30 tahun sungai di Jepang bisa seperti itu. Kita ini baru 4 tahun tapi sudah cemar ringan. Yang asalnya sungai terkotor di dunia. Sudah keren banget. Sangat keren. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat,” pujinya.

Ketua Harian Satgas Citarum Harum Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim mengatakan, Jampe ini merupakan satu rangkaian evaluasi kegiatan Satgas Citarum Harum.

Hasil evaluasi, banyak keberhasilan capaian kerja sejak tahun 2018 lalu. Namun begitu, masih terdapat beberapa rencana aksi Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan (PPK) Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang masih membutuhkan percepatan.

“Kami ingin menyemangati seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun Jabar dan Citarum melalui kegiatan ini,” kata Dedi.

Pihaknya mengajak semua pihak untuk terus menjaga keberlangsungan Sungai Citarum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper