Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bupati Keukeuh Ingin Air Mancur Menari Beroperasi Saat Perayaan HUT Purwakarta

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika keukeuh akan mengoperasikan pertunjukan air mancur di Taman Sribaduga (Situ Beuleud) saat perayaan HUT ke-191 tahun Purwakarta dan Kabupaten Purwakarta ke-54 tahun yang akan digelar akhir pekan ini.
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika

Bisnis.com, PURWAKARTA - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika keukeuh akan mengoperasikan pertunjukan air mancur di Taman Sribaduga (Situ Beuleud) saat perayaan HUT ke-191 tahun Purwakarta dan Kabupaten Purwakarta ke-54 tahun yang akan digelar akhir pekan ini.

Padahal, dari dinas teknis sudah mewanti-wanti jika pertunjukan air mancur menari belum laik dibuka karena sampai saat ini masih ada beberapa fasilitas penunjang di taman kota itu yang dalam kondisi rusak. Sebut saja diantaranya bangku penonton dan beberapa pipa air yang korosi.

Ambu Anne (sapaan bupati) pun sebenarnya tak menampik jika ada beberapa fasilitas di taman besar yang menjadi ikon wilayahnya itu dalam kondisi belum diperbaiki. Meski demikian, pihaknya mempunyai alasan untuk membuka atau mengoperasikan kembali pertunjukan air mancur menari di kawasan itu.

"Tadi pagi kami sudah menggelar rapat kordinasi bersama jajaran TNI/Polri terkait rencana pembukaan air mancur di akhir pekan nanti," ujar Ambu kepada sejumlah wartawan, Kamis (14/7/2022).

Dalam rapat koordinasi bersama seluruh stakeholder terkait, sambung Anne, pihaknya menyampaikan akan membentuk kepanitiaan induk pada perayaan hari jadi. Namun, kepanitiaan tersebut hanya untuk membackup kegiatan-kegiatan yang menyedot perhatian massa. Misalnya, pertunjukan air mancur dan sidang paripurna.

Terkait upayanya untuk meminimalisasi risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat pelaksanaan pertunjukan air mancur nanti, pihaknya telah membuat beberapa skema berbeda. Di antaranya, akan menerapkan sistem tiketing untuk pengunjung.

Selain itu, lanjut dia, berhubung masih terdapat kerusakan di bangku penonton baris terdepan, pihaknya akan membatasi jumlah pengunjung yang diperbolehkan masuk. Yakni, setengan dari kapasitas kawasan ini.

"Secara kapasitas, kawasan ini bisa menapung 5.000 pengunjung. Tapi, untuk saat ini kita batasi setengahnya. Jadi yang boleh masuk, itu hanya 2.500 pengunjung saja. Itupun wajib membawa tiket.

Anne menegaskan tiket masuk untuk pertunjukan air mancur ini gratis. Masyarakat yang hendak menonton, dipersilakan mengunjungi tiga gerai yang disiapkan untuk pengambilan tiketnya. Yakni, di Galeri Menong di jalan Gandanegara, di kantor penyiaran radio Pro FM dan kantor Disporaparbud.

"Kita juga sedang membuat sistem untuk tiket yang bisa didapat secara online bagi teman-teman yang di luar Kabupaten Purwakarta. Misalnya, kita siapkan tiket di beberapa ritel kemudian hotel dan tempat pariwisata," tambah dia.

Sebelumnya, Kabid Pertamanan dan PJU pada Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta Kosasih menyampaikan jika area wisata di tengah kota ini sedang butuh perawatan. Makanya, ada kekhawatiran sendiri yang dirasakan jajarannya dengan rencana pembukaan areal taman kota ini pada perayaan hari jadi nanti.

"Secara apadanya, kita sudah paparkan kondisi Taman Sribaduga ini kepada pihak-pihak terkait," ujar Kosasih saat dihubungi Bisnis.com, Selasa (12/7/2022).

Sebenarnya, jika melihat kondisi saat ini, Taman Air Mancur Sribaduga bisa dikatakan belum laik untuk kembali dioperasikan. Karena, masih ada beberapa fasilitas penunjang yang belum diperbaiki. .

"Jika berbicara dari sisi keamanan, saat ini belum bisa dikatakan aman. Untuk bangku penonton di garis paling depan misalnya, dari hasil pengamatan kami itu tidak bisa dipakai. Kalau dipaksakan khawatir ambruk," jelas dia. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper