Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pos Indonesia Buka Layanan Pengiriman hingga ke Seluruh Kota dan Daratan China

PT Pos Indonesia (Persero) kembali membuka layanan kiriman internasional ke China mulai 1 Juni 2022 lalu.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - PT Pos Indonesia (Persero) kembali membuka layanan kiriman internasional ke China mulai 1 Juni 2022 lalu. Layanan ini kembali terkoneksi secara luas, setelah sebelumnya sempat terhambat akibat keterbatasan akses akibat pandemi Covid-19.

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana mengatakan pembukaan layanan kiriman ke China berlaku untuk layanan Pos Internasional, khususnya layanan Express Mail Service (EMS) atau paket Cepat Luar Negeri, Registered LN, dan e-Pocket.

"Layanan kiriman Pos internasional ke China kembali kami buka sejak 1 Juni 2022 lalu. Layanan ini kami buka secara besar-besaran setelah sebelumnya aksesnya sempat tersendat akibat pandemi Covid-19," kata direktur yang biasa disapa Ana dalam keterangan persnya, Jumat (3/6/2022).

Menurut dia, layanan kiriman Pos Internasional ke China akan terhubung hampir ke seluruh wilayah daratan dan kota. Layanan EMS ini akan menjangkau lebih banyak titik, jika sebelumnya hanya terkoneksi dengan beberapa wilayah dan layanan tertentu.

Dengan jangkauan yang lebih luas ini, kata Ana, akan memudahkan masyarakat Indonesia terutama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melakukan pengiriman barang atau dokumen.

Kerja sama antara Pos Indonesia dan China Post sendiri telah terjalin cukup lama. Keduanya adalah perusahaan Pos milik pemerintah. Saat pandemi, Pos Indonesia mengandalkan China Post untuk meneruskan kiriman ke beberapa wilayah di China. Kerja sama ini membuat operasional kiriman internasional di kedua wilayah tetap berjalan.

"Secara potensi ini cukup bagus terutama bagi para pelaku UMKM. Mereka bisa mengirimkan contoh produk atau dokumen ke semua wilayah di China. Apalagi hubungan dagang Indonesia-China sudah terjalin dengan baik, " papar Ana.

Dia berharap, dibukanya kembali kiriman Pos Internasional ke China akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Hubungan dagang busines to business (B to B) atau antar negara diharapkan bisa kembali terjalin lebih luas. China sendiri menjadi salah satu negara dengan ekspor dan impor terbesar secara nasional.

PT Pos Indonesia, saat ini memiliki jaringan hingga 4.800 unit dalam bentuk Kantor Pos, layanan online. Juga titik layanan (Point of Sales) mencapai 58.700 titik dalam bentuk Kantor Pos, Agen Pos, Mobile Postal Service dan lainnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper