Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkab Bandung akan Kembangkan Wisata Kawah Kamojang

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan jika objek wisata dikembangkan, maka kunjungan wisatawan meningkat sehingga akan meningkatkan pendapatan para pelaku ekonomi kreatif dengan pemasaran produknya di lokasi wisata.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Mei 2022  |  17:35 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna
Bupati Bandung Dadang Supriatna

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Kabupaten Bandung berencana mengembangkan objek wisata Kawah Kamojang di Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, guna meningkatkan ekonomi masyarakat lokal.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan jika objek wisata dikembangkan, maka kunjungan wisatawan meningkat sehingga akan meningkatkan pendapatan para pelaku ekonomi kreatif dengan pemasaran produknya di lokasi wisata.

"Saya mendapatkan informasi langsung dari pelaku usaha di kawasan Pangalengan, satu kios atau warung yang berjualan di kawasan wisata itu bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan barang atau hal lainnya antara Rp5 juta sampai Rp8 juta per hari," kata Dadang, Jumat (20/5/2022).

Dia melihat kawasan objek wisata Kawah Kamojang, yang sudah ada sejak puluhan tahun silam tersebut sangat potensial untuk terus dikembangkan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dari berbagai daerah.

"Yang penting ada kemauan dari pemerintah desa setempat dalam upaya menangkap peluang ekonomi untuk masyarakat dari potensi wisata tersebut. Soalnya, para pelaku usaha yang berdagang di lokasi wisata itu, tentunya warga setempat," katanya.

Dalam pengembangan wisata di Kamojang itu, menurut dia, bakal ada sejumlah konsep yang diterapkan. Namun ia memastikan konsep itu bakal berbasis ramah lingkungan tanpa merusak alam.

Ia menjelaskan, Kawah Kamojang merupakan lahan di bawah pengelolaan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Jawa Barat. Namun menurutnya proses pengelolaannya nanti bisa dikerjasamakan dengan pihak swasta.

"Seperti halnya objek wisata baru di Rancabali Kabupaten Bandung yang dalam proses pengelolanya dikerjasamakan dengan pihak swasta," katanya.

Selain dari segi lokasi, Pemkab Bandung juga bakal mendorong peningkatan bisnis pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di lokasi wisata dengan program pinjaman dana bergulir tanpa bunga.

Menurut dia, sudah ada dana sebesar Rp40 miliar yang digulirkan. Jika perkembangannya bagus, angkanya akan ditambah menjadi Rp60 miliar untuk membantu ekonomi masyarakat.

"Dengan adanya pinjaman dana bergulir tanpa bunga yang sudah disiapkan Pemkab Bandung itu, harapannya terbangun ekonomi baru dan terciptanya lapangan kerja baru," kata Dadang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kabupaten bandung wisata jabar

Sumber : Antara

Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top