Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lebih dari 500.000 KK di Kabupaten Cirebon Jadi Sasaran Risiko Stunting

Berdasarkan data DPPKBP3A Kabupaten Cirebon, dari 656.523 kepala keluarga (KK), sebanyak 553.248 KK merupakan sasaran risiko stunting.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 18 Mei 2022  |  17:58 WIB
Stunting - istimewa
Stunting - istimewa

Bisnis.com, CIREBON - Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengaku sudah memerintahkan dinas terkait untuk bergerak melakukan penanganan stunting atau gagal pertumbuhan pada anak.

Berdasarkan data DPPKBP3A Kabupaten Cirebon, dari 656.523 kepala keluarga (KK), sebanyak 553.248 KK merupakan sasaran risiko stunting.

"Bidan setiap desa sebagai pendamping, agar bergerak cepat memberikan pendampingan kepada ibu-ibu hamil, terkait bahaya stunting," kata Imron di Kabupaten Cirebon, Rabu (18/5/2022).

"Beri pemahaman kepada mereka, pentingnya hidup sehat. Masalahnya, kalau anak sudah lahir secara stunting, masa depannya akan suram. Mereka akan lemah dalam segala hal," sambungnya.

Menurut Imron, penanganan dan pencegahan stunting merupakan visi misi kepemimpinan Bupati Cirebon Imron Rosyadi dan Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih.

Untuk itu, masalah kesehatan menjadi prioritas utama, karena imbasnya akan sangat luar biasa. "Kalau penduduk Kabupaten Cirebon hidup sehat, maka pendidikan merekapun akan bisa terpenuhi," kata Imron.

Sedangkan Kepala dinas DPPKBP3A Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni, mengakui di Kabupaten Cirebon memang masih banyak anak yang terkena stunting.

Hal itu dikarenakan memang penduduk Kabupaten Cirebon juga banyak. Untuk itu, saat ini yang gencar dilakukan adalah memberikan pendampingan, mulai dari calon pengantin.

"Intinya kami terus bergerak cepat memberikan pendampingan ke calon pasutri, apalagi ke ibu-ibu hamil. Mudah-mudahan angka stunting secepatnya bisa ditekan," kata Eni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stunting cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top